Raih Gelar Doktor, Husain Abdullah Teliti Kepemimpinan JK Dalam Perdamaian Aceh

Disertasi ini memfokuskan pada Resolusi Konflik oleh M Jusuf Kalla dalam perdamaian Aceh.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Waode Nurmin
Tangkapan layar
Suasana Sidang Promosi Doktor Husain Abdullah secara Virtual , Kamis (31/3/2022) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Husain Abdullah Juru Bicara Wakil Presiden Indonesia ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, resmi mendapatkan gelar Doktoral.

Dr Husain Abdullah menyelesaikan studi strata-3 di Program Doktor Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pandjajaran.

Sidang Promosi Doktor dilaksanakan di Ruang Sidang Unpad serta ditayangkan virtual melalui zoom meeting pada Kamis (31/3/2022) siang.

Dr Husain Abdullah menerima gelar doktor melalui disertasi berjudul "Resolusi Konflik Berbasis Faktor Idiosinkratik: Peran Kepemimpinan M Jusuf Kalla dalam Proses Perdamaian Aceh"

Dalam siaran virtual, nampak hadir sejumlah tokoh seperti Wapres 2 Periode HM Jusuf Kalla, Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Komjen Dr Syafruddin Kambo, Politikus Akbar Faizal, Mantan Dekan Fakultas Teknik Industri UMI Zakir Sabara H Wata dan banyak tokoh lainnya.

Didepan para promotor dan penguji, secara singkat dan jelas Dr Husain Abdullah menyampaikan penelitiannya.

Disertasi ini memfokuskan pada Resolusi Konflik oleh M Jusuf Kalla dalam perdamaian Aceh.

Seperti diketahui, di Aceh terdapat kelompok Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang sempat berkonflik dengan Pemerintah Indonesia.

Hal inilah yang juga menjadi kajian Dr Husain Abdullah tentang bagaimana M Jusuf Kalla menyelesaikan masalah dengan perdamaian.

Dalam konflik Aceh, Dr Husain Menilai bahwa kepemimpinan M Jusuf Kalla sangat mempengaruhi terjadinya perdamaian

Di kesimpulan penelitiannya, Dr Husain Abdullah menyampaikan bahwa sosok M Jusuf Kalla selalu menumbukan kepercayaan untuk menjalankan perjanjian.

"Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa M Jusuf Kalla selalu menekankan kepada semua pihak untuk menumbuhkan kepercayaan untuk mencapai konsensus dalam perjanjian yang disepakati bersama," ujar Husain Abdullah.

Melalui kajian Idiosinkratik, Dr Husain Abdullah menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang melatarbelakangi terbentuknya figur pemimpin berjiwa sosialpreneur pada diri M Jusuf Kalla.

"Kepemimpinannya dapat dijelaskan dan dipahami bahwa figur berdagang membentuknya menjadi pemimpin sosial enterpreneur,"

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved