Opini Tribun Timur

Recovery Tata Kelola Pemerintahan Pasca Penggantian Gubernur Sulsel

Tata kelola pemerintahan yang baik, atau biasa disebut juga good governance, secara sederhana definisi dan pengertian good governance

Editor: Sudirman
Lutfie Natsir SH MH CLa
Lutfie Natsir SH MH CLa, Pengamat dan Pemerhati Hukum 

Oleh: Lutfie Natsir SH MH CLa

Pengamat dan Pemerhati Hukum

Tata kelola pemerintahan yang baik, atau biasa disebut juga good governance, secara sederhana definisi dan pengertian good governance adalah seperangkat proses yang diberlakukan dalam organisasi baik swasta maupun pemerintahan untuk menentukan kebijakan atau keputusan.

Pengertian good governance ini sangat beragam dan para ahli pun berbeda dalam merumuskan definisi good governance ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, program utama yang dilakukan pemerintah adalah membangun aparatur negara melalui penerapan reformasi birokrasi.

Dengan demikian, reformasi birokrasi gelombang pertama pada dasarnya secara bertahap mulai dilaksanakan pada tahun 2004.

Pada tahun 2011, seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah ditargetkan telah memiliki komitmen dalam melaksanakan proses reformasi birokrasi.

Pada tahun 2014 secara bertahap dan berkelanjutan, K/L dan Pemda telah memiliki kekuatan untuk memulai proses tersebut, sehingga pada tahun 2025, birokrasi pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi dapat diwujudkan.

Sementara itu, pada pidato kenegaraan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-64 Kemerdekaan RI di depan Sidang DPR RI tanggal 14 Agustus 2009.

Presiden menegaskan kembali tekad pemerintah untuk melanjutkan misi sejarah bangsa Indonesia untuk lima tahun mendatang, yaitu bertujuan untuk membebaskan Indonesia dari dampak dan ekor krisis yang terjadi sepuluh tahun yang lalu.

Pada tahun 2025, Indonesia diharapkan berada pada fase yang benar benar bergerak menuju negara maju.

Berkaitan dengan hal tersebut, reformasi birokrasi bermakna sebagai sebuah perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan Indonesia.

Selain itu, reformasi birokrasi juga bermakna sebagai sebuah pertaruhan besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong tantangan global.

Pengertian good governance adalah pemerintahan yang mengembangkan dan menetapkan prinsip-prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efisiensi, efektivitas, supremasi hukum dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved