Breaking News:

Plat Putih

Kendaraan Pribadi di Makassar Bakal Kenakan Plat Putih, Kapan Diterapkan?

Hal itu lantaran, material plat tersebut belum didistribusikan oleh pihak Korlantas Polri.

Penulis: Muslimin Emba | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur/siti aminah
Kasubdit Regident Polda Sulsel AKBP Erwin Syah ditemui di kantornya, Jumat (14/1/2022).   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Penerapan plat putih yang dicanangkan Korlantas Polri belum berlaku di Ditlantas Polda Sulsel.

Hal itu lantaran, material plat tersebut belum didistribusikan oleh pihak Korlantas Polri.

"Belum, materialnya kan belum dibagi dari Korlantas. Kita masih menunggu pendistribusiannya," kata Kasubdit Regident Polda Sulsel AKBP Erwin Syah ditemui di kantornya, Jumat (14/1/2022).

Sembari menunggu pendistribusian plat putih untuk kendaraan pribadi itu, kata dia, pihaknya juga terus melakukan pelayanan dengan stok plat hitam yang masih tersisa.

"Jadi sementara ini kita habiskan dulu stok plat hitam yang ada. Kan material plat hitam ini juga kan bersumber dari anggaran negara," ujarnya.

Belum ada kepastian jadwal penerapan plat putih itu. Namun, kata Erwin Syah, dasar hukumnya telah ada.

Lalu apa tujuan pergantian plat hitam ke putih itu?

AKBP Erwin Syah menjelaskan, penggantian warna plat kendaraan tersebut untuk lebih memudahkan penertiban berlalu lintas.

Utamanya dalam hal penegakan hukum atau penindakan pengendara yang melanggar.

"Kan sistem penindakan nantinya sudah berbasis elektronik. Jadi, nanti itu tidak ada lagi sentuhan antar manusia (petugas dan pelanggar)," jelasnya.

Ia mencontohkan kehadiran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik melalui kamera pemantau.

Menurutnya, kehadiran plat putih nantinya akan lebih memaksimalkan kamera ETLE untuk mengindentifikasi pelanggar lalu lintas.

"Kajiannya sih, memang seperti itu (memaksimalkan identifikasi pelanggar melalui kamera ETLE). Jadi nanti lebih mudah lagi tertangkap kamera untuk TNBKnya," beber Erwin Syah.

Jika material plat putih itu telah tersedia oleh Korlantas Polri, pihaknya mengaku akan segera mensosialisasikan ke masyarakat.

Pergantian warnah plat tersebut telah diatur dalam Peraturan Kepolisian No 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved