Breaking News:

PLN UIP SULAWESI

PLN Pulihkan Jaringan Interkoneksi Sulbar-Sulteng Pasca 3 Tapak Tower Terendam Air Sungai di Mamuju

Sebanyak tiga lokasi tapak tower PLN tergerus aliran sungai Budong budong yakni Tip 388 dan 389 Desa Benggaulu Kecamatan Karosa dan Tip 273.

DOK PLN
Tapak tower PLN tergerus aliran sungai Budong budong mengakibatkan sistem kelistikan interkoneksi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah sempat terganggu beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Sebanyak tiga lokasi tapak tower PLN tergerus aliran sungai Budong budong yakni Tip 388 dan 389 Desa Benggaulu Kecamatan Karosa dan Tip 273 di Desa Tabolang Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Tengah.

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulawesi Selatan pun cepat sigap memulihkan sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah, melalui pekerjaan perbaikan jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Topoyo-Pasangkayu.

Demikian disampikan Manager Bagian Teknik Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulsel, Adrian Djamaludin.

Ia menyatakan, sebelum tergerus aliran sungai Budong budong jarak tower ke bibir sungai sangat jauh.

Akan tetapi, karena erosi cukup besar mengakibatkan fondasi tower menjadi terendam oleh aliran sungai.

"Hal itu sangat berbahaya maka perlu perbaikan pada Tip 338, 389 dan Tip 273, meski yang terendam aliran sungai itu 3 (tower tetapi yang perlu di perbaiki sebanyak 4 tapak tower dengan panjang lintasan jaringan mencapai 2,1km," katanya via rilis, Kamis (23/12/2021).

Menurut Adrian, melanjutkan, empat tower diperbaiki karena perlu ada penyesuaian antara tower sebelum dan sesudah terendam aliran sungai.

Empat tower tersebut terdapat beberapa tower yang mengalami pergeseran lokasi, perubahan tipe dan ketinggian tower seperti pada tower TIP 389 yang mulanya AA+12 menjadi BB+15.

Tipe tower menunjukkan kemiringan sudut antara tower di belakang dan depannya.

"Total pengerjaan ini memerlukan waktu selama lima bulan, karena kami perlu melaksanakan survey ulang menentukan lokasi dan jalur terbaik," tukasnya.

Baca juga: PLN Kolaborasi Pemkab Wakatobi Operasikan Listrik 24 Jam di Pulau Kaledupa dan Binongko

Baca juga: PLN Proyeksi Beban Puncak Kelistrikan Capai 1.280,6 MW di Momen Natal, Malam Tahun Baru 1.301 MW

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved