Menkeu Sri Mulyani Sebut Orang yang Main Kripto dan Untung Harus Bayar Pajak

Kriptografi sendiri merupaka metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode.

Istimewa
Menkeu Sri Mulyani 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Keuangan (Menkeu) memberikan jawaban terkait pengenaan pajak dalam bermain mata uang kripto atau cryptocurrency.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, jika seseorang bermain kripto dan mendapatkan keuntungan di suatu tahun, maka akan masuk hitungan pajak.

“Kalau saya rekonstruksikan ya, pernah main di Bitcoin tahun 2016 dapat Rp1 miliar, kalau waktu itu dapat Rp1 miliar ya itu adalah kewajiban bayar pajak di 2016,” ujarnya di acara Sosialisasi UU HPP di Bandung, Kamis (17/12/2021) lalu.

Ia menjelaskan, jika nilai uang kripto tersebut turun di beberapa tahun berikutnya, maka tidak masuk dalam hitungan pajak.

“Tapi, sekarang karena ini adalah nilainya naik turun, sekarang jadi tinggal Rp200 juta gitu (di 2020). Jadi, nilainya hilang ya, kalau di 2016 berarti kurang bayar dan di 2020 kalau turun, rugi kan, tidak bayar gitu,” kata Sri Mulyani.

Secara keseluruhan, dia mengungkapkan, bahwa dalam aturannya yakni pengenaan pajak merupakan kewajiban berlaku per tahun.

Baca juga: Mendadak Jadi Miliarder, Pria Mojokerto Ini Lupa Pernah Menabung Crypto

Ilustrasi cryptocurrency alias uang kripto, Bitcoin
Ilustrasi cryptocurrency alias uang kripto, Bitcoin (THINKSTOCK)

“Tetap sebetulnya pajak itu kewajiban per tahun anggaran, jadi tidak bisa kalau belum untung jangan dulu dipajaki. Tidak juga,” katanya.

Diketahui, Cryptocurrency atau uang kripto adalah mata uang yang tengah populer dalam beberapa tahun terakhir.

Di dunia, ada banyak jenis uang kripto yang beredar.

Baca juga: Nilai Sekeping Capai Rp 657 Juta, Apa Itu Cryptocurrency Bitcoin? Lagi Heboh dan Jadi Trending

Dari namanya, cryptocurrency berasal dari dua kata yakni cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang artinya mata uang.

Dengan kata lain, uang kripto adalah mata uang virtual yang dilindungi kode rahasia.

Sederhananya, uang kripto adalah mata uang yang memiliki sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Uang kripto

Dikutip dari Investopedia, sistem perlindungan cyptocurrency atau uang kripto adalah menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Mata uang digital atau Cryptocurrency menjadi investasi anak muda saat. Apakah uang digital spekulasi atau investasi?
Mata uang digital atau Cryptocurrency menjadi investasi anak muda saat. Apakah uang digital spekulasi atau investasi? (handover)
Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved