Breaking News:

Tribun Bulukumba

Januari 2022, Gaji ASN di Bulukumba akan Dipotong 2,5 Persen Secara Autodebet untuk Bayar Zakat

Itu untuk memaksimalkan penerimaan zakat dari kalangan ASN atau PNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

Penulis: Firki Arisandi | Editor: Saldy Irawan
dok pribadi
Gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN), di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan terpotong secara autodebet.  

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN), di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan terpotong secara autodebet.

Itu untuk memaksimalkan penerimaan zakat dari kalangan ASN atau PNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

Besaran pemotongan yaknj 2,5 persen zakat profesi dari gaji bersih ASN, melalui Payroll System di Bank Sulselbar.

Pemotongan zakat ini diharap bisa berjalan pada Januari tahun 2022 mendatang.

Olehnya itu, para Kepala OPD dan Camat menandatangani Nota Kesepakatan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba.

Agar seluruh pegawai ASN yang beragama Islam di unit kerja masing-masing menunaikan zakat atau infaq sedekahnya melalui Baznas Bulukumba.

Penandatanganan Nota Kesepakatan disaksikan langsung oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf bersama Kepala Cabang Bank Sulselbar Bulukumba, Rio Subagio di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin (20/12/2021).

“ASN harus menjadi contoh atau teladan yang baik dalam menunaikan kewajiban zakat 2,5 persen di Baznas Bulukumba,” kata Muchtar Ali Yusuf.

Jumlah ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba sekitar 6 ribu orang, dengan potensi zakatnya 700 juta per bulan atau 8,4 milyar per tahun. 

Jika potensi zakat dari ASN ini dapat dimaksimalkan penerimaannya, maka Kabupaten Bulukumba memiliki dana yang cukup besar untuk dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Mulai dari masalah sosial kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, maupun untuk kegiatan keagamaan, tanpa harus lagi tergantung dari dana APBD.

“Zakat itu untuk masyarakat kita juga, sehingga tidak perlu khawatir sepanjang dikelola secara profesional,” kata Andi Utta, sapaannya 

Olehnya itu, Andi Utta mengharapkan lembaga seperti Baznas Bulukumba betul-betul profesional dalam menjalankan amanah tersebut. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved