Breaking News:

Virus Corona

Kenali 5 Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona Varian Omicron

kasus pertama penularan varian Omicron masuk ke Indonesia ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

Editor: Muh. Irham
Justin TALLIS / AFP via Tribunnews.com
Ilustrasi varian Omicron 

TRIBUN-TIMUR.COM - Gejala Omicron perlu diwaspadai oleh masyarakat lantaran varian Covid-19 Omicron sudah masuk ke Indonesia. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan satu kasus positif Covid-19 Omicron yang terdeteksi pada petugas kebersihan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet.

Budi mengungkapkan, kasus pertama penularan varian Omicron masuk ke Indonesia ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19). Kemudian pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing," ujar Budi, dikutip Kontan.co.id, Kamis (16/12).

Sementara itu, dua orang lain yang positif dipastikan tidak terpapar varian dari Afrika Selatan itu. Budi juga mengungkapkan, ketiga orang tersebut positif tanpa gejala.

Ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet. Kemudian, ketiga pasien itu pun telah menjalani tes PCR kedua dan hasilnya sudah diketahui negatif Covid-19. Lantas, apa gejala Omicron yang sudah masuk Indonesia?

Gejala terpapar Covid-19 Omicron

Terdapat perbedaan gejala Covid-19 Omicron dengan gejala terpapar virus corona varian lainnya. Gejala Omicron tidak menyebabkan kehilangan penciuman dan perasa.

Serta gejala Omicron juga tidak menimbulkan turunnya kadar oksigen di dalam tubuh. Dirangkum dari laman Euro News, gejala Omicron adalah kelelahan, pilek, dan tenggorokan sakit.

Sehingga, gejala Omicron lebih mirip dengan orang yang terinfeksi flu ringan. Selain itu, gejala Omicron adalah adanya rasa kelelahan yang ekstrim termasuk rasa sakit di seluruh badan dan kepala selama dua hari.

Berikut adalah gejala Omicron secara lebih detail:

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved