Breaking News:

Citizen Reporter

Kemenkumham Pilih Fakultas Hukum Unhas Jadi Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Keimigrasian

PERATURAN Menteri (Permen) Hukum dan HAM Nomor 35 tahun 2021 tengan Konsultan Keimigrasian memungkinkan bagi para pengguna layanan keimigrasian

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
CITIZEN REPORTER/DR HASRUL SH MH
Penandatangan MoA antara Ditjen Imigrasi dengan FH Unhas di Jakarta, Selasa (30/11/2021). Hadir Dosen Fakultas Hukum Unhas, Dr Hasrul SH MH; Plt Dirjen Imigrasi, Prof Dr Widodo Ekatjahjana SH MH; dan Dekan FH Unhas, Prof Dr Farida Patittingi SH MHum (dari kiri ke kanan). 

Dr Hasrul SH MH

Dosen Fakultas Hukum Unhas ( Universitas Hasanuddin )

Melaporkan dari Jakarta

PERATURAN Menteri (Permen) Hukum dan HAM Nomor 35 tahun 2021 tengan Konsultan Keimigrasian memungkinkan bagi para pengguna layanan keimigrasian untuk memanfaatkan jasa konsultan keimigrasian untuk layanan konsultasi maupun bantuan kepengurusan dokumen.

Berdasarkan Permen tersebut, konsultan keimigrasian adalah orang yang memberi pelayanan jasa keimigrasian yang telah mengikuti pelatihan pelaksana jasa keimigrasian yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dan telah dinyatakan lulus.

Untuk dapat menyediakan jasa konsultasi dan memberikan bantuan bagi pemohon layanan keimigrasian, konsultan keimigrasian harus diwadahi oleh sebuah kantor konsultan keimigrasian.

Sebagai implementasi dari Permen tersebut, Ditjen Imigrasi bekerja sama dengan 8 kampus yang ada di Indonesia untuk menyelenggarakan pelatihan sertifikasi bagi para konsultan keimigrasian.

Salah satu institusi dari kedelapan kampus yang dilibatkan adalah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ( FH Unhas ).

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Ditjen Imigrasi dengan FH Unhas.

Penandatanganan MoA ini dilakukan langsung Plt Dirjen Imigrasi Prof Dr Widodo Ekatjahjana SH MH dan Dekan FH Unhas Prof Dr Farida Patittingi SH MHum di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Dalam sambutannya, Plt Dirjen Imigrasi menuturkan bahwa dengan adanya program tersebut, maka ke depannya layanan keimigrasian akan semakin mudah diperoleh oleh masyarakat. Program ini akan melibatkan beberapa perguruan tinggi di Indonesia sebagai mitra dalam pelaksanaan pelatihan sertifikasi konsultan keimigrasian."

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FH Unhas bahwa pogram ini akan sangat membantu masyarakat dalam hal pelayanan keimigrasian, termasuk di Sulawesi Selatan, seperti halnya usaha biro perjalanan haji dan umrah, travel agent, maupun perusahaan penyedia layanan kerja.

Tentu semua itu membutuhkan beberapa kelengkapan dokumen sebagai syarat, misalnya kartu izin tinggal bagi orang asing, perpanjangan dokumen Imigrasi dan dokumen lainnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved