Tribun Pangkep

Digelar Dua Hari, 20 Perusahaan Ikut Job Fair BLK Pangkep

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor BLK Pangkep, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/21).

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/NURUL
Suasana Job Fair 2021 BLk pangkep 

TRIBUN-TIMUR.COM,PANGKEP - Balai Latihan Kerja (BLK) Pangkep menggelar job fair atau bursa kerja 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor BLK Pangkep, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/21).

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, 23-24 November 2021.

Kepala BLK Pangkep, Sudarsono mengatakan, terdapat 20 perusahaan/ instansi yang berpartisipasi dalam Job Fair untuk posisi jabatan di dalam negeri dan luar negeri.

"Ada 20 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, sementara lowongan yang dibutuhkan ribuan orang," katanya.

Ia menjelaskan, Job Fair ini merupakan jembatan mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pencari kerja menemukan jabatan pekerjaan yang diinginkan," sebutnya.

Sudarsono juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Pangkep yg berkenan hadir membuka Job Fair BLK Pangkep dan kepada perusahaan yang berpartisipasi. 

"Sinergi antara BLK Pangkep, Pemda Pangkep dan dunia industri akan terus ditingkatkan agar tenaga kerja yang sudah dilatih dapat terserap," lanjutnya.

Ia menambahkan, BLK Pangkep akan terus mendukung Pemda Pangkep untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Pangkep melalui pelatihan kerja.

Sementara Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau mengakui permasalahan saat ini adalah pengangguran/pencari kerja yang semakin meningkat.

Sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit.

"Begitu pun dengan persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja juga kurang," ujarnya.

Sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja serta menjadikan kendala dalam proses penempatan tenaga kerja," tuturnya.

Begitu pula tantangan terbesar di bidang ketenagakerjaan, kata dia, adalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang masih cukup tinggi.

" Berdasarkan rilis data BPS per agustus 2021 TPT adalah    6, 49 %, dan Sulawesi Selatan 6, 31%," tambahnya.

Sehingga melalui kegiatan ini, ia berharap memberikan dampak positif bagi pencari kerja khususnya masyarakat Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru dan sekitarnya.

"Karena dengan adanya kegiatan bursa kerja (JOB FAIR) yang utamanya memberikan informasi lowongan kerja bagi pencari kerja (pencaker)," tutupnya.

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved