Breaking News:

Musim Hujan

4 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

Saat musim hujan, penting untuk menjaga kebugaran tubuh untuk mencegah masuknya berbagai penyakit.

Editor: Muh. Irham
TRIBUN-TIMUR.COM/MUSLIMIN EMBA
Ilustrasi hujan 

TRIBUN-TIMUR.COM - Musim hujan mulai melanda sebagian wilayah di Indonesia. Saat musim hujan, penting untuk menjaga kebugaran tubuh untuk mencegah masuknya berbagai penyakit.

Hal itu karena terdapat beberapa penyakit yang cenderung sering muncul dan mudah menular di musim hujan ini. Sebagian di antaranya termasuk penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa.

Maka dari itu, jangan sampai lalai untuk tetap meningkatkan daya tubuh agar tidak terserang penyakit-penyakit musim hujan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah lima penyakit yang sering muncul saat musim hujan:

1. Demam berdarah dengue (DBD)

Penyakit yang rentan muncul saat musim hujan yang pertama adalah demam berdarah dengue (DBD). Menurut Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Citra Indriani, dilansir dari laman resmi UGM, kasus DBD berpotensi meningkat saat musim hujan disebabkan oleh meningkatnya tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Karena itu, untuk menghindari penularan DBD, upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan gerakan 3M.

3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta mengubur benda-benda yang bisa menjadi tempat bertelur nyamuk, misalnya kaleng-kaleng bekas.

Tidak hanya itu, pencegahan DBD bisa optimal jika diikuti dengan langkah lainnya seperti menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu guna menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

2. Leptospirosis

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved