Breaking News:

Kemenkumham Sulsel

Kanwil Kemenkumham Sulsel Harmonisasi Ranperbup Enrekang Tentang Manajemen Tenaga Sukarela

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan selama tahun 2021 ini pihaknya telah melakukan harmonisasi terhadap 65 produk hukum daerah.

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Edi Sumardi
Kemenkumham Sulsel
Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan gelar Rapat Harmonisasi produk hukum daerah Kabupaten Enrekang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan gelar rapat harmonisasi produk hukum daerah Kabupaten Enrekang berupa rancangan peraturan Bupati (ranperbup) tentang manajemen tenaga sukarela, di ruang rapat setempat, Jumat (5/11/21).

Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Sulsel, Andi Haris mengatakan kegiatan harmonisasi merupakan proses penyelarasan substansi rancangan peraturan perundangan dan teknik penyusunan peraturan perundangan agar menghasilkan peraturan perundangan yang baik, yakni memenuhi aspek filosofis, aspek sosilogis, dan aspek yuridis.

Haris mengapresiasi pemerintah Kabupaten Enrekang yang sangat intens melakukan harmonisasi produk hukum daerahnya di Kantor Wilayah.

Kakanwil kemenkumham sulsel Harun Sulianto mengatakan selama tahun 2021 ini pihaknya telah melakukan harmonisasi terhadap 65 produk hukum daerah, meningkat dari tahun 2020 yg hanya 48 produk hukum daerah.

Selain itu juga telah memfasilitasi 2 naskah akademis dan melakukan analisis dan evaluasi terhadap 12 perda Badan Usaha Milik Desa .

Sementara itu Sekretaris Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Enrekang Gaswan mengatakan rancangan ini muncul berawal dari adanya pemikiran bahwa akan adanya rasionalisasi tenaga sukarela/non ASN, untuk itu perlu ada regulasi yang mengaturnya.

Gaswan berharap agar kegiatan harmonsiasi ini dapat memberi masukan, petunjuk, dan arahan sehingga nantinya ranperbup tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang lebih tinggi.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Sub Bidang Perancang Maemuna, Kabag Hukum Enrekang Dirhamzah, Kabag Organisasi Enrekang Kadang, Suparman dan Budiman dari BKPSDM, dan perancang Kantor Wilayah Zonasi enrekang Asryani, Irma Wahyuni, Syafar syarif, dan Nuryuli Nurdin.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved