Breaking News:

Kesehatan

5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Kesehatan Paru-paru Anda

Macam-macam penyakit seperti pneumonia, tbc, bronkitis, asma dan penyakit paru obstruktif kronis merupakan penyakit yang dapat menyerang paru-paru

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi paru-paru 

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia adalah paru-paru. Organ ini berfungsi menjalankan sistem pernapasan.

Saat udara mecapai paru-paru, akan terjadi pertukaran antara oksigen dari luar tubuh dengan karbon dioksida dari dalam darah.

Apabila paru-paru Anda bermasalah, maka proses ini pun akan terganggu.  

Macam-macam penyakit seperti pneumonia, tbc, bronkitis, asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan penyakit yang dapat menyerang paru-paru.

Untuk mencegah paru-paru Anda dari penyakit-penyakit ini, berikut lima kebiasaan yang dapat membantu paru-paru Anda tetap sehat dan kuat, melansir Yahoo! Life, Rabu (3/11/2021).

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan kita, termasuk kekuatan paru-paru kita. Albert Rizzo, MD, FACP, kepala petugas medis dari American Lung Association, mengatakan, paru-paru kita adalah pompa.  

“Mereka bergantung pada otot-otot di rongga dada. Agar paru-paru tetap memompa kuat, kita perlu menjaga otot-otot kita tetap bugar.” kata Rizzo.  

Latihan kardiovaskular adalah cara terbaik untuk melakukan itu dan membutuhkan tidak lebih dari 20 hingga 30 menit sehari (atau yang setara selama seminggu).

Namun bagi Anda pengidap asma, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu, untuk menemukan olahraga yang tepat untuk Anda.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved