Breaking News:

Opini

Peran TBM dalam Setiap Bencana

SEBUAH organisasi berlabel Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Unhas berulang tahun pada 10 Oktober lalu.

Editor: Edi Sumardi
GCLAWYERSCHAMBER.COM
Ilustrasi 

Dr Muhammad Hatta

Mantan Ketua BP TBM Calcaneus Fakultas Kedokteran Unhas

SEBUAH organisasi berlabel Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Unhas berulang tahun pada 10 Oktober lalu. Walau kurang populer dibanding organisasi lain seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementrian Sosial, sejatinya TBM telah terbentuk pada mayoritas sekolah kedokteran di Indonesia.

Saat ini, terdapat 50 organisasi TBM yang tersebar di 5 wilayah kerja dan tergabung dalam Perhimpunan TBM Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI).

Beberapa dari mereka telah lama berkiprah sebagai tim medis kepencintaalaman, kegiatan-kegiatan sosial serta bencana alam.

Pada 1998, misalnya, TBM Mawar Sakti Universitas Trisakti berperan sentral mengawal layanan medis bagi mahasiswa yang beraktivitas di sekitar Gedung MPR/DPR RI.

Mereka didesain sebagai tim kegawatdaruratan medik yang mampu memberikan layanan di medan sulit dan terpencil. Dengan latar belakang kedokteran yang dimilikinya, TBM juga dapat berfungsi sebagai penggerak fasilitas kesehatan yang lumpuh akibat musibah.

Pada musibah nasional Gempa Palu beberapa tahun lalu, misalnya TBM Axis FK Universitas Tadulako dan TBM Arteria FK Universitas Alkhaerat didukung oleh TBM 110 FK UMI dan TBM Calcaneus FK Unhas menjadi motor pemulihan layanan di RS Undata dan Puskesmas Biromaru.

Mereka juga membentuk tim-tim kecil beranggotakan 3-5 orang yang berpatroli laiknya tim gawat darurat serta mendirikan posko-posko kesehatan di area rawan yang membutuhkan layanan medis. Namun, kemampuan multifungsi tersebut belum dimanfaatkan optimal di era pandemi Covid-19 seperti pada saat ini.

“Dipandang remeh” sebagai kegiatan ekstrakurikuler belaka, mereka tidak dilibatkan baik dalam program Makassar Recovery oleh Pemkot Makassar maupun FIT oleh Pemprov Sulsel.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved