Breaking News:

Daun Jarak

Termasuk Melancarkan Persalinan, Daun Jarak Juga Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan

Tanaman ini kerap kali dimanfaatkan sebagai sumber bioetanol, maupun difungsikan sebagai tanaman herbal yang bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Editor: Muh. Irham
Tribun Timur
Ilustrasi daun jarak 
TRIBUN-TIMUR.COM - Tanaman Jarak merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia.
Tanaman ini kerap kali dimanfaatkan sebagai sumber bioetanol, maupun difungsikan sebagai tanaman herbal yang bisa bermanfaat untuk kesehatan.
Tahukah kamu, apa saja manfaat daun jarak? Dan bagaimana cara pengolahannya yang cepat dan tepat?
Simak ulasannya berikut ini

1. Mengatasi Sariawan

 
Manfaat daun jarak yang pertama adalah khasiatnya dalam mengatasi sariawan. Hal ini dikarenakan tanaman jarak mengandung senyawa anti-inflamasi yang didapatkan pada getah daunnya, sehingga bisa dijadikan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi sariawan.
Untuk mendapatkan manfaat daun jarak yang satu ini, kamu cukup mengambil getah yang terdapat pada daun jarak dengan kapas.
Oleskan getah daun jarak tersebut pada bagan yang terkena sariawan. Kamu bisa melakukan cara ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

 
Manfaat selanjutnya dari daun jarak adalah untuk gangguan pencernaan yaitu sembelit. Konstipasi atau dikenal dengan sembelit dalam masyarakat adalah suatu kondisi dimana sulit untuk mengeluarkan hasil sisa pengolahan makanan dalam bentuk feses alias BAB.
Tahukah kamu, ternyata manfaat daun jarak bisa mengatasi masalah konstipasi alias sembelit ini. 
Tanaman jarak pagar, sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi masalah ini. Akan tetapi, kebanyakan mitos beredar di masyarakat menyebutkan dengan menempelkan daun jarak di perut, bisa mengatasi masalah konstipasi.
Padahal tidak demikian, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dari rebusan air daun jarak yang diminum secara rutin.

3. Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Terjadinya keputihan pada mulut bayi merupakan masalah yang wajar pada bayi. Hal ini biasa disebabkan akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada puting susu ibu.
Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa menjaga kebersihan puting susunya menggunakan manfaat dari daun jarak.
Kandungan senyawa anti-bakteri yang terdapat pada daun jarak dipercaya ampuh melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut.
Untuk itu, tidak ada salahnya jika ibu mengambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, lalu oleskan secukupnya pada mulut bayi.

4. Memperbaiki Kerusakan Hati

Manfaat dari daun jarak berikutnya yang jarang diketahui oleh sebagian orang adalah dapat memperbaiki kerusakan hati. 
Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa studi yang meneliti mengenai khasiat ekstrak daun jarak.
Dari hasil ini, didapatkan bahwa daun jarak terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati, terutama yang disebabkan oleh galactosamine.
Tidak hanya itu, daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati peradangan.

5. Melancarkan Persalinan

Selain keempat manfaat di atas, manfaat daun jarak yang terakhir adalah bisa membantu ibu hamil dalam proses persalinan.
Sebuah penelitian menyatakan bahwa meminum minyak jarak dipercaya bisa menjadi sebuah induksi alami sehingga mempermudah ibu hamil dalam proses persalinan.
Bahkan, banyak ibu hamil yang mengklaim langsung merasakan mulas ketika mengkonsumsi minyak jarak ini dalam kurun waktu 24 jam.
Cara ini disebut aman bagi ibu hamil yang sudah pecah ketuban, tetapi belum juga merasakan mulas.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika mengkonsultasikan hal ini dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(*)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved