Breaking News:

Citizen Reporter

Wallacea Bekali Staf dengan Pengetahuan Desain Program

Workshop Design Program dengan Metode Logical Framework Analysist (LFA) yang berlangsung secara daring selama dua hari

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Citizen Reporter/Ridwan
Wallacea dan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) menggelar workshop Design Program dengan Metode Logical Framework Analysist (LFA) 

Citizen Reporter, Ridwan, Devisi Media dan Publikasi Wallacea

Perkumpulan Wallacea dan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) menggelar workshop Design Program dengan Metode Logical Framework Analysist (LFA) yang berlangsung secara daring selama dua hari (23-24/08/2020).

Selain itu, kegiatan ini masih rangkaian dari ulang tahun Perkumpulan Wallacea yang ke-21 dan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) yang ke-25.

Dalam sambutannya, Basri Andang yang juga Direktur Eksekutif Perkumpulan Wallacea mengatakan, Inisiatif ini muncul, karena menjadi kebutuhan di lembaga sebenarnya.

"Terutama kepada teman-teman yang muda. Khusus untuk program dan keuangan yang paling penting adalah mengenali dulu sejak awal design program,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan suatu program dalam sebuah organisasi adalah design program yang kurang mengeksplorasi dan menemukenali masalah yang lebih kompleks dibandingkan dengan apa yang telah diprediksi.

Workshop ini difasilitasi oleh Dewi Puspita Sutejo yang juga Program Manager Seknas JKPP).

Dalam paparannya, Dewi mengajak peserta untuk tetap santai, karena kapasitas kegiatannya memang sharing.

"Design program adalah langkah awal kita untuk menganilisis situasi melalui pohon masalah, merencanakan strategy dan struktur kerja, serta menghasilkan perencanaan yang matang. Namun semua ini tidaklah cukup, dengan mendengarkan berbagai teory yang ada. Nanti kita akan coba kasi penugasan dalam bentuk pekerjaan rumah untuk teman-teman yang selanjutnya dipersentasikan besok," papar Dewi.

Selain Dewi Puspitasari Sutedjo dari JKPP, narasumber lain Ishma Soepriadi yang juga Tiim Monitoring dan Evaluasi OXFAM GB Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved