Breaking News:

Tabrakan di Luwu

Penabrak Bocah di Luwu Bisa Dihukum 6 Tahun Penjara

Fajar menghimbau semua orangtua sebaiknya tidak mengorbankan keselamatan anak yang masih dibawah umur.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Hasriyani Latif
Polres Luwu
Lokasi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa di Desa Lempopacci, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (20/7/2021). 

TRIBUNLUWU.COM, SULI - Pengendara motor trail penabrak bocah hingga tewas di Luwu bisa dihukum enam tahun penjara.

Kasus ini tengah ditangani Unit Gakkum Satlantas Polres Luwu.

"Sudah kita tangani, kita proses sesuai hukum yang berlaku," tegas Kasat Lantas Polres Luwu AKP Muh Ali dalam keterangannya diterima tribun-timur.com, Rabu (21/7/2021) siang.

Sementara itu, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan, anak di bawah umur yang mengendarai motor melanggar Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Pada pasal 77 ayat 1 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan.

"Pada pasal 81 disebutkan, untuk mendapatkan SIM setiap orang harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya usia untuk SIM A, C, dan D minimal 17 tahun, 20 tahun untuk SIM B I dan 21 tahun untuk SIM B II," ujar Fajar

Jika belum memiliki SIM, pengendara motor di bawah umur dapat dijerat pasal 281.

Lokasi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa di Desa Lempopacci, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (20/7/2021).
Lokasi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa di Desa Lempopacci, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (20/7/2021). (Polres Luwu)

Bunyinya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki SIM dapat dikenakan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

"Belum lagi jika pengendara di bawah umur menyebabkan kecelakaan dan jatuh korban di pihak lain, pengendara anak-anak ini dapat dikenai beberapa pasal," katanya.

Misalnya dalam pasal 310 ayat 1 sampai 4 yang mengatur denda dan kurungan apabila menyebabkan korban luka ringan, berat sampai meninggal dunia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved