Breaking News:

Tribun Takalar

DJPb Sulsel-Pemkab Takalar Teken MoU Pengelolaan Keuangan

Kanwil DJPb Sulsel kembali menjalin kerja sama dengan Pemkab Takalar untuk peningkatan kualitas pengelolaan

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Kanwil DJPb Sulsel
Kanwil DJPb Sulsel kembali menjalin kerja sama dengan Pemkab Takalar untuk peningkatan kualitas pengelolaan 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan (Kanwil DJPb Sulsel) kembali menjalin kerja sama dengan salah satu Pemerintah Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Momentum peningkatan sinergi dan koordinasi diawali melalui penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Kepala Kanwil DJPb Sulsel Syaiful dengan Bupati Takalar, Syamsari Kitta di Ruang VIP Gedung Keuangan Negara II Lantai 1 Jl Urip Sumoharjo Makassar, Senin (21/6/2021). 

Kerja sama ini, akan menjadi jembatan untuk peningkatan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah pusat dan daerah di Takalar, melalui koordinasi dan pendampingan dengan Pemkab Takalar dengan memperhatikan prinsip kesetaraan dan kemanfaatan bersama.

Dalam sambutannya, Syaiful mengatakan peran strategis Dana Transfer dan Dana Desa untuk meningkatkan ruang fiskal dalam rangka pembangunan daerah.

Oleh karena itu, Pemkab Takalar perlu menyiapkan strategi terbaik untuk memastikan penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa dapat diselesaikan lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan.

Syaiful juga menyampaikan beberapa progress capaian pelaksanaan anggaran sampai dengan (21/6/2021).

Penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa di Kabupaten Takalar telah mencapai Rp399,86 miliar atau 46,17% dari pagu Rp865,78 miliar.

Realisasi tersebut terdiri dari Dana Bagi Hasil sebesar Rp8,87 miliar atau 59% dari pagu Rp15,03 miliar, Dana Alokasi Umum sebesar Rp285,58 miliar atau 50,55% dari pagu Rp564,93 miliar, DAK Non Fisik sebesar Rp64,86 miliar atau 52,52% dari pagu Rp123,48 miliar.

DAK Fisik sebesar Rp5,51 miliar atau 7,08% dari pagu sebesar Rp77,84 miliar. Dana Desa sendiri telah realisasi sebesar Rp34,88 miliar atau 41,28% dari pagu Rp84,49 miliar.

Selain itu, Syaiful juga menyampaikan penekanan atas capaian opini LKPD Pemkab Takalar yang sampai dengan saat ini belum mencapai opini WTP.

Perkembangan realisasi DAK Fisik, Dana Desa dan Dana BOS dapat diakses oleh Bapak Bupati beserta jajaran Pemda dan Masyarakat pada Aplikasi MINASATA (Aplikasi Monitoring Dana Desa dan Transfer Daerah).

Aplikasi tersebut berbasis Android yang dapat di unduh secara gratis pada Google Play Store.
Selain fokus terhadap percepatan penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan saat ini memberikan perhatian penuh terhadap UMKM melalui sinergi dengan stakeholder seperti Pemda dan Perbankan serta Lembaga Keuangan Non-Bank melalui penyaluran KUR dan UMi.

Sampai dengan 21 Juni 2021, di Kabupaten Takalar telah tersalur sebesar Rp217,24 miliar untuk 5.943 pelaku UMKM dan Pembiayaan UMi sebesar Rp6,21 miliar untuk 1.682 pelaku usaha mikro. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved