Breaking News:

KPK

Wakil Ketua KPK Tak Tahu Penggagas TWK, Pengacara Novel Baswedan Cs: Jangan-jangan Cuma Firli Bahuri

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron tak beberkan otak di balik Tes Wawasan Kebangsaan. Pengacara Novel Baswedan anggap katakan jangan-jangan hanya Filri.

Editor: Muh Hasim Arfah
handover
Penyidik senior KPK, Novel Baswedan dan Ketua KPK Firli Bahuri. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Nurul Ghufron tak beberkan otak di balik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

TWK ini adalah penyebab 75 pegawai KPK dinonaktifkan.

Kuasa Hukum pegawai nonaktif KPK, Asfinawati, turut menyoroti pernyataan Komnas HAM terkait ketidaktahuan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron soal pengagas ide tes wawasan kebangsaan (TWK).

Asfinawati yang juga Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) itu mengaku ketidakmampuan Nurul Ghufron untuk menjawab pertanyaan tersebut membuktikan bahwa ada yang tidak beres dalam proses TWK sebagai syarat untuk alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Jadi sebetulnya pernyataan dari Pak Ghufron ini mengkonfirmasi apa yang kami dengar klien kami, bahwa ini prosesnya tidak seperti biasa. Kalau proses seperti biasa itu, kan dia sejak awal sudah diputuskan ada TWK, diputuskan bersama begitu ya," kata Asfinawati di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021).

Lebih lanjut dia mengaku tidak heran jika Nurul Ghufron tidak tahu siapa penggagas ide adanya TWK di lembaga antirasuah tersebut.

Baca juga: Alasan KPK Sita 6 Bidang Tanah Milik Nurdin Abdullah di Puncak Maros

Justru, Asfinawati menduga ketidaktahuan Ghufron itu memunculkan indikasi bahwa proses TWK hanya diputuskan oleh satu pimpinan saja.

"Itu indikasi mungkin, itu indikasi tidak semua pimpinan ikut, atau pertanyaannya sebetulnya, dari lima orang, berapa sih yang memutuskan. Kan publik ingin tahu jangan-jangan cuma Firli Bahuri. Kan bahaya kalau itu, karena itu kan berarti tidak kolektif-kolegial," jelas dia.

Diketahui sebelumnya Nurul Ghufron memenuhi undangan Komnas HAM untuk memberikan klarifikasi soal dugaan pelanggaran HAM dalam proses pelaksanaan TWK.

Setelah pertemuan, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan Ghufron tidak dapat menjawab soal siapa penggagas ide TWK di KPK.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved