Breaking News:

Tribun Makassar

Respon ASN Makassar Wajib Apel Pagi dan Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pemerintah resmi mengeluarkan imbauan bagi seluruh PNS untuk melakukan apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR | Editor: Suryana Anas
Dok Warga
PNS DKP Kota Makassar, Ririn Martyasrini 

TRIBUN-TIMUR-COM, MAKASSAR - Pemerintah resmi mengeluarkan imbauan bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melakukan apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan membaca Pancasila mulai 1 Juli 2021.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, imbauan ini berlaku bagi seluruh PNS, pejabat maupun pegawai, baik yang bertugas di kantor ataupun rumah, tanpa terkecuali.

Menanggapi hal ini, Ririn Martyasrini (24) selaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar menyatakan dukungannya terkait aturan ini.

Menurutnya, apel adalah kegiataj rutin yang bisa meningkatkan kedisiplinan pegawai.

"Apel merupakan kegiatan rutin yang menurut saya membantu meningkatkan kedisiplinan pegawai," ujar Ririn saat dihubungi via whatssapp, Rabu (16/6/2021) malam.

"Selama tidak ada apel selama ini, beberapa pegawai ada yang dulunya selalu datang tepat waktu, sekarang terlambat beberapa menit," lanjutnya.

Lanjutnya, dengan kembali diberlakukannya aturan ini, pegawai akan lebih merasa bertanggung jawab.

"Dengan perlahan diberlakukannya kembali apel pagi, pegawai akan merasa ada tanggung jawab lebih untuk datang tepat waktu sehingga meningkatkan kedisiplinannya kembali," pungkasnya.

Lebih lanjut, terkait kewajiban mendengar lagu Indonesia Raya, Ririn menilai jika hal ini perlu dilakukan.

Agar para ASN tetap memiliki jiwa nasionalisme, bahkan dalam hal-hal kecil sekalipun.

"Dengan rutin mendengarkan lagu indonesia raya dan membaca pancasila pegawai akan mengingat kembali identitasnya sebagai Aparatur Sipil Negara," tutupnya.

Diketahui, dalam aturan yang diberlakukan oleh MenPANRB, diatur PNS diwajibkan untuk mengikuti apel pagi setiap Senin pukul 08.00.

Yang diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan dan pegawai K/L/pemda acara virtual dan fisik terbatas

Dalam apel pagi itu turut dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih lalu memberikan salam hormat kepada bendera merah putih.

Para peserta juga harus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan teks Pancasila, pembacaan Ikrar Korpri, pengarahan pembina upacara dan doa bersama.

Selain apel setiap Senin pagi, para PNS di berbagai instansi juga diimbau memperdengarkan lagu Indonesia Raya setiap Selasa dan Kamis pukul 10.00.

Diikuti oleh seluruh pimpinan dan pegawai K/L/Pemda di kantor.

Lalu pada hari Rabu dan Jumat pukul 10.00 WIB akan ada pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan dan pegawai K/L/pemda.

Seluruh pegawai di kantor jam 10.00 tepat berdiri dengan sikap sempurna di tempat kerja masing-masing, untuk mendengarkan/ menyanyikan Indonesia Raya dan mengikuti pembacaan teks Pancasila.

Dalam pelaksanaannya, para PNS diminta memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, dan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. (*)

Laporan tribuntijur.com, AM Ikhsan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved