Breaking News:

Tribun Gowa

Jadi Pembicara di Sosialisasi Peningkatan UMKM, Priska Adanan Harap Percepatan Digitalisasi UMKM

Dinas Koperasi dan UKM Gowa bekerjasama dengan TP PKK, menggelar sosialisasi peningkatan skala usaha mikro menjadi usaha kecil serta pemasaran produk

ist
Dinas Koperasi dan UKM Gowa bekerjasama dengan TP PKK menggelar sosialisasi Peningkatan Skala Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil serta pemasaran produk UKM berbasis kemitraan Tingkat Kabupaten Gowa di Gedung Balai Diklat Gowa, Jum'at (11/6/2021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Dinas Koperasi dan UKM Gowa bekerjasama dengan TP PKK, menggelar sosialisasi peningkatan skala usaha mikro menjadi usaha kecil serta pemasaran produk UKM berbasis kemitraan di Gedung Balai Diklat Gowa, Jum'at (11/6/2021).

Pada kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan membawakan materi.

Priska menyampaikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang adaptif, kreatif dan inovatif adalah modal Kabupaten Gowa untuk dapat terus maju di masa pandemi Covid-19. 

"Saya dititipkan tiga tugas oleh bapak Bupati di PKK, yang pertama penurunan angka stunting, kedua penyeragaman kualitas PAUD di Kabupaten Gowa dan yang ketiga pengembangan UMKM ini," ujarnya. 

Khusus untuk UMKM, menurut Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa ini, adaptasi terhadap teknologi adalah yang utama. 

Adaptasi adalah kemampuan yang harus diasah dalam mengembangkan UKM di masa pandemi ini.

Tidak dapat lagi memakai metode konvensional dalam strategi marketing di masa pandemi. 

"Sejak pandemi Covid-19 terjadi peningkatan penjualan produk UKM, untuk sektor makanan dan minuman hingga 26 persen. Peningkatan juga dialami produk UKM untuk pemeliharaan kesehatan, seperti masker dan hand sanitizer," terangnya dihadapan 51 pelaku UKM yang ada di Kabupaten Gowa

Menurut Istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini data di Tokopedia, terdapat 9,9 juta UMKM yang terdaftar sebagai mitra Tokopedia. 

Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020. 

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved