Breaking News:

Alumni Unhas

Catatan dari Alumni: Unhas Butuh Pemimpin Baru

Unhas mengalami tantangan jebakan rutinitas, dosen yang hanya sibuk mengajar dan kalaupun mengisi jurnal hanya untuk akreditasi dan kepangkatan

Editor: AS Kambie
Catatan dari Alumni: Unhas Butuh Pemimpin Baru
DOK
Mulawarman, Alumni FE Unhas

Catatan dari Alumni: Unhas Butuh Pemimpin Baru

Oleh Mulawarnan
Alumnus FE Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Januari 2021 lalu, Webometrics Ranking 2021, sebuah lembaga pemeringkat universitas terbaik di dunia, merilis 10 universitas terbaik global dan Indonesia.

Di Indonesia, universitas yang masuk dalam Webometrics Ranking 2021 adalah UGM, IPB, ITS, UI, Unair,  ITB, UBN, UNS, Undip, dan Unej.

Dari kesepuluh itu, hanya UGM yang masuk ke dalam daftar 1.000 universitas terbaik di dunia, yang berada di posisi ke-813, versi Webometrics Ranking 2021.

Selebihnya, kampus di Indonesia tidak masuk list kampus terbaik.

Pemeringkatan Webometrics Ranking 2021 itu berdasarkan pada empat indikator, yaitu representasi website universitas (presence) dengan bobot skor 5%, dampak performa website universitas, yang dicirikan pada banyaknya link eksternal yang terhubung ke domain web universitas (visibility) dengan skor 50%, banyaknya jumlah kutipan jurnal di atas 210 penulis teratas (transparancy/openness) skor 10%, serta banyaknya makalah atau karya ilmiah di antara 10% terbanyak dikutip dari 27 disiplin ilmu sepanjang tahun 2015-2019 (excellence or schollar) dengan skor 35%.

Adapun untuk wakil Indonesia, UGM yang masuk ke dalam jajaran kampus dunia, mendapatkan masing-masing posisi pada 4 indikator, yaitu presence ada di posisi 60, visibilty berada di posisi 578, aspek openness posisi 640, dan posisi excellence 1507.

Apa relevansi makna dari survei ini bagi pengembangan Unhas ke depan?

QuoVadis Unhas

Sejujurnya, Unhas tidak pernah masuk dalam list kampus terbaik.

Jangankan di level kampus global, di lingkup nasional saja, untuk daftar 5 kampus terbaik versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), pun kampus ini tidak masuk.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved