Breaking News:

Tribun Makassar

90 Jurnalis Mendapat Kekerasan Setahun Terakhir, Pelakunya Dominan Polisi

Kampanye itu dengan membentangkan spanduk bertuliskan,'Stop Kekerasan Terhadap Jurnalis'.

TRIBUN TIMUR/MUSLIMIN EMBA
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia dengan menggelar aksi unjukrasa atau kampanye 'Stop Kekerasan Jurnalis',di bawah jalan layang Fly Over, persimpangan Jl Urip Sumoharjo-AP Pettarani, Makassar, Senin (3/5/2021) sore. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia dengan menggelar aksi unjukrasa atau kampanye 'Stop Kekerasan Jurnalis'.

Kampanye dilakukan di bawah jalan layang Fly Over, persimpangan Jl Urip Sumoharjo-AP Pettarani, Makassar, Senin (3/5/2021) sore.

Kampanye itu dengan membentangkan spanduk bertuliskan,'Stop Kekerasan Terhadap Jurnalis'.

Dalam rilisnya, AJI mencatat kasus kekerasan pada jurnalis dalam setahun ini mencapai 90 kasus.

Jauh dibandingkan dengan periode sebelumnya sejumlah 57 kasus.

Kekerasan dengan polisi sebagai pelakunya, cukup dominan. Namun, pemerintah cenderung melakukan pembiaran terhadap kasus-kasus yang menyerang media dan jurnalis, mengakibatkan kekerasan berulang.

Salah satunya, catatan AJI Makassar dan LBH Pers Makassar, atas masus kekerasan yang menimpa Darwin Cs, pada Tahun 2019.

Penyidik menetapkan empat oknum polisi sebagai tersangka kasus dugaan kekerasan jurnalis pada tanggal 26 Februari 2020.

"Namun, kasus ini hanya mengendap di penyidik Polda Sulawesi Selatan. Tidak ada proses hukum selanjutnya. Pembiaran ini mengusik rasa tidak adil kepada korban. Kami minta kasus ini ditindaklanjuti dan harus disidangkan di pengadilan," kata Ketua AJI Makassar, Nurdin Amir dalam keterangan persnya.

Sejak 2020 hingga akhir April 2021, tren represif terhadap jurnalis tak hanya menimpa secara luring tapi meluas ke daring.

Halaman
1234
Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved