Breaking News:

Tribun Ramadan

Tetap Berolahraga Saat Puasa

Selama puasa tetap harus menjaga imun dengang melakukan olahraga meskipun dalam porsi yang tidak terlalu berat

Dok Pribadi Mayor Kes drg Syawaluddin
Ketua Komite Medik RSAU dr Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Kes drg Syawaluddin SKG MS 

TRBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Lancar tanpa adanya halangan saat menjalankan ibadah puasa, di bulan Ramadhan merupakan harapan bagi semua orang yang menjalankannya.

Terlebih lagi selama puasa, setiap umat Islam dituntut menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam,dengan begitu, menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Ketua Komite Medik RSAU dr Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Kes drg Syawaluddin, SKG,MS mengatakan walaupun dalam kondisi berpuasa dirinya tetap bergembira dan bersemangat dalam berolahraga.

Sebab melakukan aktivitas fisik seperti biasanya, dapat membantu organ-organ pencernaan tetap berfungsi normal dan mendapatkan aliran darah yang lancar.

"Selama puasa tetap harus menjaga imun dengang melakukan olahraga meskipun dalam porsi yang tidak terlalu berat, apalagi olahraga merupakan kebutuhan, mempunyai tubuh yang selalu fit dan bugar, maka kita akan mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik, serta tetap mampu melaksanakan puasa dengan baik," ujarnya saat diwawancarai melalui telfon, Senin (19/4/2021).

Pria yang akrab disapa Awal ini mengungkapkan jika setiap selesai shalat subuh tetap melaksanakan lari pagi sekitar 4 sampai 5 Km, dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi.

" Kalo di luar bulan ramadhan saya biasanya lari 4 kali seminggu dengan rute keliling kota makassar, target jarak sekitar 10 hingga 15 Km, ini tuntutan tugas juga, karena sebagai Dokter Militer, saya harus menjaga fisik dan stamina agar tetap prima selama menjalankan puasa,kebetulan juga sebagai dokter, dan sebagai Perwira TNI AU saya punya hobby lari dan bergabung dengan salah satu komunitas lari yang ada di makassar," ungkapnya.

Baginya berlari merupakan jenis olahraga paling sederhana yang disukai banyak orang, untuk melakukannya tidak membutuhkan banyak peralatan dan biaya, hanya dengan sepatu dan baju yang nyaman, sudah bisa melakukan hobinya tersebut.

Selain itu, Awal memiliki hobi lari sejak SD dan sering mendapatkan juara disetiap kompetisi yang diikutinya.

"Hobi lari sejak SD sekitar umur 10 tahun, waktu itu ikut lomba antar SD, ternyata asik juga, dan mendapatkan Juara 1, rupanya saya tuh punya bakat lari," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved