Breaking News:

Sarlin, Kepala SMA/MA Pesantren IMMIM Putra Makassar Berhasil Jadi Kandidat Doktor di PPs UNM

Sarlin mempresentasikan judul “Flipped Classroom Learning Model in Teaching Writing at Islamic Boarding School” di depan tim penguji PPs UNM

Ist
Sarlin, Kepala SMA/MA Pesantren IMMIM Putra Makassar Berhasil Jadi Kandidat Doktor di PPS UNM 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Kepala SMA/MA Pesantren IMMIM Putra Makassar, Sarlin berhasil mempertahankan gagasan awal untuk Riset Disertasi S3.

Sarlin mempresentasikan judul “Flipped Classroom Learning Model in Teaching Writing at Islamic Boarding School” di depan tim penguji Program Pascasarjana UNM.

Gagasan awal untuk riset disertasi S3 ini digelar via daring menggunakan aplikasi zoom meeting, Rabu (7/4/2021) kemarin.

Tim Penguji Gagasan Awal atau Ujian Prelium Lisan tersebut dipimpin oleh Ketua Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNM, Prof Drs Muhammad Basri Jafar, MA, PhD dan beranggotakan Prof Dr Syarifuddin Dollah, MPd, Dr Sahril, MHum., Prof Dr Baso Jabu, MHum.

Dalam pemaparannya, Sarlin mengungkapkan alasan memilih topic “Flipped Classroom” sebagai objek Riset Disertasinya.

Menurut Sarlin, Flipped Classroom adalah model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru. Model ini juga cocok dan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Era Industri 4.0.

Flipped Classroom ini nantinya dapat jadi acuan dan dapat direkomendasikan untuk diaplikasikan dalam Pondok Pesantren.

“Menarik untuk diteliti kenapa Flipped Classroom ini menjadi basis pengujian di Pondok Pesantren karena nantinya akan menghasilkan sebuah model pembelajaran yang bertujuan untuk membekali kemampuan siswa untuk berpikir kritis (critical thinking)," jelasnya.

Lokasi penelitian sengaja dipilih di Pondok Pesantren yaitu Pesantren IMMIM Putra Makassar.

Alasan dibalik pemilihan tempat penelitian ini karena Peneliti adalah Guru Bahasa Inggris yang menjabat sebagai Kepala SMA/MA di Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar.

Apalagi Pesantren tersebut memiliki fasilitas pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi.

Dari riset ini, Sarlin berharap dapat mengungkapkan dan mengembangkan model pembelajaran yang berbasis teknologi.

Ketua Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UNM, Prof Drs Muhammad Basri Jafar, MA, PhD mengajak para mahasiswanya untuk melakukan kajian yang actual dan futuristic.

Sarlin, ahirnya dapat meyakinkan tim penguji kelayakan gagasan awal risetnya dan dinyatakan Lulus dengan Nilai Rataan 93.6 atau setara dengan A.

Selanjutnya status Kepala SMA/MA Pesantren IMMIM Putra Makassar, yang kelahiran Garaupa Kepulauan Selayar ini berubah menjadi Kandidat Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris PPS UNM.

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved