Pengamat Politik Universitas Hasanuddin Ali Armunanto Sebut Sudirman Sulaiman Penentu Wagub Sulsel

Pengamat politik Universitas Hasanuddin Andi Ali Armunanto menilai pertarungan posisi Wakil Gubernur Sulsel pendamping Sudirman Sulaiman akan seru.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Abdul Azis Alimuddin
handover
Ali Armunanto 

TRIBUN.TIMUR.COM, MAKASSAR - Tiga partai politik berpeluang mendudukkan kadernya menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan jika Nurdin Abdullah berhalangan tetap tetap dari proses hukum yang dijalani.

Sejumlah nama disebut-sebut punya peluang menempati posisi Sulsel 02.

Utamanya para ketua partai politik pengusung di tingkat wilayah.

Seperti Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulsel Ashabul Kahfi.

Ketua DPW PKS Sulsel Muh Amri Arsyid.

Ketua DPD PDIP Sulsel Ridwan Andi Wittiri.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin Andi Ali Armunanto menilai pertarungan posisi Wakil Gubernur Sulsel pendamping Andi Sudirman Sulaiman akan seru.

Ali menilai, saat ini saja sudah banyak kandidat calon wakil gubernur yang mulai melakukan gerakan hingga menggalang dukungan.

Ia mencontohkan PDIP sudah ada beberapa tokoh yang mulai bergerak. Termasuk PAN, PKS.

Namun Ali menilai, peluang menempati posisi wakil gubernur nantinya ditentukan seberapa kuat diplomasi politik kepada jejaring politik Andi Sudirman Sulaiman.

"Pertarungannya akan seru. Saya pikir siapapun calon yang akan mengajukan diri, perlu dukungan kuat dan restu dari jaringan politik di belakang Sudirman Sulaiman," kata Ali, Jumat (2/4/2021).

Ali menilai, kandidat calon pendamping Andi Sudirman Sulaiman harus mampu meraih simpati jaringan politik tersebut untuk mendapatkan restu.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai membuka acara di Four Points by Sheraton Jl Andi Djemma Makassar, Kamis (142021).
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai membuka acara di Four Points by Sheraton Jl Andi Djemma Makassar, Kamis (142021). (TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD FADHLY ALI)

Sebab, Ali menilai jaringan politik di belakang Sudirman Sulaiman yang akan menentukan siapa yang akan diangkat menjadi wakil gubernur.

"Untuk nama-nama saya pikir saat ini posisinya masih sama. Jadi belum ada yang memiliki keunggulan antara satu dengan yg lain," kata Ali.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved