Breaking News:

Kodim Polmas

Hasil Pendampingan Kodim Polmas, Petani Desa Kebun Sari Panen Padi Organik

Petani di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulbar, melakukan masa panen padi organik,Kamis (25/3/2021).

Tribun Timur
Komandan Kodim (Dandim) Letkol Arh Hari Purnomo hadiri panen padi organik di Desa Kebun Sari, Wonomulyo 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLMAN -- Petani di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulbar, melakukan masa panen padi organik,Kamis (25/3/2021).

Padi organik hasil demplot atau binaan Kodim 1402/Polmas dihadiri langsung Komandan Kodim (Dandim)  Letkol Arh Hari Purnomo.

Turut hadir Ketua Perpadi Polman, Hamzah Syamsuddin, Danramil 1402-02/Wonomulyo Kapten Inf Adul Halid, Pasiter Kodim 1402/Polmas Kapten Inf Syarifuddin.

Hari Purnomo mengatakan sektor pertanian harus terus berkembang agar ketersediaan pangan mencukupi di masa Pandemi, sebab dalam kondisi apapun, semua orang akan tetap membutuhkan hasil petanian.

“Tanaman padi ini sudah yang kesekian kalinya kita demplot menggunakan tehnologi organik dan Alhamdulillah semua mengalami peningkatan hasil dari panen sebelumnya,” kata Hari Purnomo.

Menurutnya, demplot berbagai varietas sesuai dengan iklim di Kabupaten Polewali Mandar. Varietas yang dicoba berumur 70 hari, namun sampai hari ini masih 80 HST baru siap panen.

Artinya kata dia, masih ada yang perlu kita evaluasi sehingga kedepan bisa lebih maksimal.

"Kenapa kita coba kembangkan varietas yang genjah dengan harapan petani kita bisa tanam 3 periode dalam setahun di lokasi persawahan yang airnya memadai," harapnya.

Ia menginginkan pertanian menggunakan tehnologi organik terus dikembangkan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

Selain sehat, dengan organik  mampu memangkas penggunaan pupuk kimia yang penggunaannya terus menerus akan merusak kesuburan tanah.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved