Breaking News:

Aktivitas Bongkar Muat dari Terminal Peti Kemas ke Makassar New Port Akan Dilakukan Secara Bertahap

Pelindo IV akan memindahkan aktivitas bongkar muat ke Makassar NEw Port dalam waktu dekat

Pelindo IV
Progress pembangunan Makassar New Port (MNP) hingga awal 2021. 

Aktivitas Bongkar Muat dari Terminal Peti Kemas ke Makassar New Port Akan Dilakukan Secara Bertahap

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) berencana memindahkan aktivitas bongkar muat di Terminal Petikemas Makassar (TPM) ke Makassar New Port (MNP).

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi.

Dia bilang, dalam rencana kerja jangka panjang tahun 2024, semua kegiatan peti kemas yang saat ini beroperasi di TPM sudah harus dialihkan ke MNP.

Petugas mengawasi aktivitas bongkar muat di terminal peti kemas Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/10/2017). PT Pelindo IV akan menerapkan sistem Berthing Window atau sistem koneksi antarpelabuhan paling lambat pada akhir 2017 di 9 wilayah kerjanya, yaitu Makassar, Bitung, Ambon, Kendari, Sorong, Jayapura, Merauke, Tarakan dan Ternate. Penerapan sistem tersebut guna menghindari antrean kapal dan penumpukan peti kemas yang aktivitasnya terus tumbuh sejak peluncuran program tol laut. tribun timur/muhammad abdiwan
Petugas mengawasi aktivitas bongkar muat di terminal peti kemas Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/10/2017). PT Pelindo IV akan menerapkan sistem Berthing Window atau sistem koneksi antarpelabuhan paling lambat pada akhir 2017 di 9 wilayah kerjanya, yaitu Makassar, Bitung, Ambon, Kendari, Sorong, Jayapura, Merauke, Tarakan dan Ternate. Penerapan sistem tersebut guna menghindari antrean kapal dan penumpukan peti kemas yang aktivitasnya terus tumbuh sejak peluncuran program tol laut. tribun timur/muhammad abdiwan (TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)

Namun pemindahan aktivitas tidak dalam waktu dekat, sebab menunggu pembangunan Pelabuhan Baru Makassar rampung seluruhnya.

"Perpindahannya akan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan kesiapan dari MNP,” kata Prasetyadi, Senin (22/2/2021).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengangkat Prasetyadi sebagai nahkoda baru PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengangkat Prasetyadi sebagai nahkoda baru PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). (twitter)

Sehingga, dengan kepindahan tersebut, maka TPM bakal berubah fungsi menjadi pelabuhan multipurpose.

Misalnya car terminal, barang-barang curah, terminal cruise, atau tempat komersial lainnya.

“Yang akan dikaji secara mendalam oleh Pelindo IV. Paling ideal untuk apa," ungkap Prasetyadi.

MNP, lanjut dia didesain untuk menangani kapal-kapal sampai dengan super post panamax, dengan kedalaman antara -16 m LWS hingga - 20 m LWS, sehingga perangkat crane dipasang lebih besar disesuaikan dengan rencana kapal yang akan masuk.

Suasana Pelabuhan Makassar New Port (MNP) yang nantinya menjadi tempat operasional TPM
Suasana Pelabuhan Makassar New Port (MNP) yang nantinya menjadi tempat operasional TPM (Pelindo IV)
Halaman
123
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved