Breaking News:

Tribun Kampus

Yusvan Paris: Calon Mahasiswa Baru Harus Pahami Minat dan Bakatnya

para lulusan kurang memiliki skill atau keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

TRIBUN TIMUR/RUDI SALAM
Kepala Kampus Polinas Tamalanrea, Muh Yusvan Paris 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Kampus Polinas Tamalanrea, Muh Yusvan Paris menyebut fenomena sulitnya lulusan dapat langsung terserap ke dunia kerja bukanlah hal yang baru dialami para pencari kerja. Apa lagi di masa pandemi saat ini.

Banyak yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Diantaranya karena para lulusan kurang memiliki skill atau keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Sehingga menyebabkan mereka tidak dapat bersaing di dunia kerja.

Menurut Yusvan, skill atau keahlian yang dimiliki harus sejalan dengan minat dan bakat seseorang sebelum menentukan jurusan apa nantinya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Dari hasil survey Education Psychologist IDF mengatakan bahwa ada sekitar 87% mahasiswa salah dalam memilih jurusannya," ungkap Muh Yusvan Paris dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/2/2021).

Hal ini, kata dia akan memberikan dampak yang kurang baik bagi mereka dalam mengikuti proses pembelajaran selama masa perkuliahan.

Yusran Paris menyarankan agar sebaiknya calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi memahami minat dan bakatnya.

"Hal tersebut akan dapat menetapkan mau memilih jurusan apa nantinya," terangnya.

Disebutkan Yusvan bahwa ada 6 tipe kepribadian manusia yang bisa menjadi alat ukur untuk menetapkan jurusan saat kuliah.

"Yaitu dengan memahami bagaimana tipe kepribadian kita Tipe realistic, investigative, artistic, social, enterprising dan conventional," sebutnya.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar memahami terlebih dahulu minat, bakat serta kepribadian sebelum menentukan jurusan di perkuliahan.

"Sangatlah penting agar tidak salah jurusan sehingga dapat memberikan dorongan saat menjalani proses perkuliahan dan mendapatkan skill atau keahlian yang sesuai dengan harapan untuk meraih masa depan yang di inginkan," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa bulan Februari ini, Polinas Tamalanrea memberikan potongan SPP 50%.

Potongan itu bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar pada link bit.ly/jalurundangan2021.

"Kuota terbatas," pungkasnya.

Penulis: Rudi Salam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved