Breaking News:

Joe Biden

4 Kebijakan Joe Biden Soal China, Justru Tak Kalah Garang Dibanding Donald Trump, Senjata Diperkuat

Pada Akhirnya, 4 Kebijakan Ini Buktikan Bahwa Biden Tak Kalah Garang dari Trump Soal China

Nikkei Asia
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden 

TRIBUN-TIMUR.COM - Selama empat tahun pemerintahan Donald Trump, hubungan AS dengan China makin memburuk.

Kini, saat Joe Biden menjadi Presiden AS menggantikan Trump, banyak pihak menginginkan hubungan AS dan China membaik.

Duta Besar China untuk AS, Cui Tiankai, pun menginginkan hal serupa.

Melalui akun Twitter-nya, Cui Tiankai mengatakan bahwa China “berharap dapat bekerja dengan pemerintahan baru untuk mempromosikan perkembangan yang sehat & stabil dari hubungan China-AS dan secara bersama-sama berbicara tantangan global dalam kesehatan masyarakat, perubahan iklim & pertumbuhan.”

Dalam peringatan halus kepada pemerintah Amerika yang baru, China juga mengumumkan sanksi terhadap sejumlah pejabat tinggi dari pemerintahan Trump, yang melakukan tindakan yang memperburuk hubungan China-AS.

Namun, dengan semua indikasi yang ada, Joe Biden tampaknya sudah menyiapkan calon 'empat besar' yang diharapkan akan melanjutkan strategi keras Trump melawan China, dari persaingan teknologi tinggi hingga sengketa maritim di Asia.

Akan tetapi dengan perubahan taktis utama, yaitu ketergantungan yang lebih besar pada sekutu global, hukum internasional, dan diplomasi multilateral.

Melansir Asia Times (22/1/2021), selama sidang konfirmasi minggu ini, calon Menteri Luar Negeri dan penasihat lama Biden, Antony Blinken, menyoroti konsensus bipartisan tentang China.

Hal itu menandakan kontinuitas kebijakan serta meningkatkan peluang konfirmasi cepat oleh anggota parlemen dari kedua belah pihak.

"Saya pikir apa yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak kebangkitan Xi Jinping sebagai pemimpin, adalah bahwa persembunyian dan penawaran telah hilang," kata Antony Blinken kepada anggota parlemen selama sidang konfirmasi Senat minggu ini.

Halaman
1234
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved