Breaking News:

Danau Matano

Pemprov Sulsel Ingin Jadikan Danau Matano Luwu Timur Kawasan Geopark Tektonik

Pemprov Sulsel Ingin Jadikan Danau Matano Luwu Timur sebagai Kawasan Geopark Tektonik

Humas Pemprov Sulsel
Rapat pembahasan pengusulan Geopark Tektonik Danau Matano di Ruang Toraja, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Danau Matano di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur masuk sebagai program peningkatan wisata di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pemprov Sulsel ingin menjadikan Danau Matano sebagai kawasan Geopark Tektonik.

Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan pengusulan Geopark Tektonik Danau Matano di Ruang Toraja, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (13/1/2021).

Pengusulan ini dibahas Tim Task Force Geopark Tektonik Danau Matano dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.

Irwan sangat mendukung rencana geopark ini mengingat Luwu Timur memiliki begitu banyak sumber daya alam dan nilai historis yang bisa diangkat sebagai kawasan geopark.

"Yah, salah satunya adalah Danau Matano," kata Irwan kepada TribunLutim.com, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, geopark terdiri atas sejumlah tapak keragaman geologi yang memiliki kepentingan ilmiah khusus, kelangkaan dan keindahan yang dikenal sebagai warisan geologi.

Dalam pertemuan itu, dibahas persiapan serta langkah yang akan dilakukan dalam pengembangan dan tata kelola geopark guna mewujudkan pelestarian warisan geologi (geoheritage).

Selain itu, keragaman geologi (geodiversity), keanekaragaman hayati (biodiversity) dan keragaman budaya (cultural diversity).

Warisan geologi di Kabupaten Luwu Timur, sejalan dengan program kerja gubernur yaitu programnya adalah meningkatkan wisata di Provinsi Sulawesi Selatan.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved