Breaking News:

Era Baru Peta Politik Sulsel

Citizen Analisis:Arah Baru Peta Politik Sulsel,Era Anak Muda,Rusdi Masse (RMS)& Andi Iwan Aras (AIA)

Pilkada Serentak 2020 semakin menyegerakan era baru peta politik Sulsel.Muncul tokoh muda seperti Rusdi Masse (RMS),Andi Iwan Aras (AIA),dan lain-lain

Citizen Analisis:Arah Baru Peta Politik Sulsel,Era Anak Muda,Rusdi Masse (RMS)& Andi Iwan Aras (AIA)
DOK
Mulawarman, Alumni Universitas Hasanuddin

leh: Mulawarman
Jurnalis/Pemerhati Sosial Politik

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Inilah arah baru peta politik Sulsel pascapilkada serentak 2020. Muncul kekuatan baru. Pilgub Sulsel 2023 diprediksi akan menampilkan politisi muda seperti Rusdi Masse (RMS), Andi Iwan Aras (AIA), Taupan Pawe (TP), Adnan Purichta Ichsan, Chaedir Syam, dan Muhammad Yusran Lalogau.

Pemeo ini boleh jadi benar: hampir tidak ada waktu istirahat bagi politik. Yang ada setiap waktunya adalah kerja-kerja politik pemenangan, sosialisasi, dan pendekatan ke masyarakat.

Meski Pilkada Sulsel masih jauh,Pilgub Sulsel 2023, namun kerja politik tersebut harus terus-menerus dilakukan. Mengingat peta politik berkembang sangat dinamis.

Inilah inti politik yang sebenarnya: mengabdi dan melayani. Kebutuhan masyarakat dipastikan tersedia 24 jam, tak terbatas ruang dan waktu.

Karena itu para calon pemimpin haruslah terus standby melayani, siap siaga dengan berbagai keperluan masyarakat tersebut. Pemimpin yang sejati adalah mereka yang mampu menjawab aspirasi masyarakat. Jangan kerja hanya pas mau jelang pesta politik.

Dari momentum Pilkada Serentak 2020, dapat kita lihat secara kritis melihat arah baru peta politik Sulsel, termasuk peta politik Pilgub Sulsel 2023. Seperti apa arah baru peta politik Sulsel; peluang dan tantangannya, serta siapa saja kandidat politik yang potensial.

Tantangan Politik Sulsel

Saya dapat katakan bahwa era Pilgub Sulsel 2023 mendatang adalah era anak muda. Akan bermunculan politisi muda di kancah Pilgub Sulsel 2023.

Tantangan politik di masa depan semakin kuat dengan semakin meningkatnya jumlah kaum muda produktif Sulsel.

 Berdasarkan sensus Penduduk 2020, jumlah usia produktif di Provinsi Sulsel mencapai 5.840.507 dari total penduduk 8,5 juta. Artinya hampir di atas 65 persen lebih dari anak muda yang berpotensi menjadi pemilih pada Pilkada mendatang.

Halaman
1234
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved