Breaking News:

Citizen Reporter

BRPBAPPP Maros Webinar Tentang Sampah di Pesisir

BRPBAPPP Maros melaksanakan webinar dengan Tema Sampah di Pesisir, Pendekatan Masyarakat dan Tantangan Program GEMARIKAN

BRPBAPPP Maros
BRPBAPPP Maros melaksanakan webinar dengan Tema Sampah di Pesisir, Pendekatan Masyarakat dan Tantangan Program GEMARIKAN, Berbagi Informasi untuk Penyuluh Perikanan, Kamis (11122020). 

Citizen Reporter, Andi Bahtiar, Humas Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Berlokasi di Maros

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros melaksanakan webinar dengan Tema Sampah di Pesisir, Pendekatan Masyarakat dan Tantangan Program GEMARIKAN, Berbagi Informasi untuk Penyuluh Perikanan, Kamis (11/12/2020).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Lily Aprilya Pregiwati.

Kepala Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Maros,  A. Indra Jaya Asaad, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Adi Fajar Ramly, WWF Indonesia, Erdi Lazuardi dan Dede Gilang dari Ditjen Penguatan Daya Saing Produk KKP.

Serta partisipan sebanyak 563 orang terdiri dari Penyuluh Perikanan, Dosen, guru dan staff Dinas Perikanan Kab/Kota.

Dalam Sambutan Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP menyampaikan bahwa tema webinar ini sangat menarik diakhir tahun 2020, mengingat fenomena Sampah di pesisir berupa plastik yang terbuang ke perairan khususnya muara sungai menjadikan kerusakan ekosistem perairan dan keberlangsungan sumberdaya perairan.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan berkomitmen untuk mengurangi dampak sampah plastik, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui berbagai Langkah-langkah antara lain daur ulang sampah plastik di muara sungai dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, Khusus terkait sampah di wilayah pesisir menjadi semakin kompleks.  Aliran saluran, sungai semuanya bermuara pada wilayah pesisir kita. 

Pengelolaan sampah yang kurang bagus di wilayah hulu akan terdampak pada wilayah hilir dan sampai di pesisir. 

Tentu saja masyarakat perikanan yang paling menerima dampak negatif jika tidak ada penanggulangan secara kolaboratif. 

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved