Breaking News:

Tribun Klakson Hari Ini

Tribun Klakson: Mubazzir

Negeri ini tergolong negeri mubazzir. Pemerintahnya seringkali bertindak mubazzir. Kemubazziran itu terlihat dengan nyata nyaris disetiap tahun.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur 

Mubazzir, Oleh: Abdul Karim, Penulis & Pegiat Demokrasi

Negeri ini tergolong negeri mubazzir. Pemerintahnya seringkali bertindak mubazzir. Kemubazziran itu terlihat dengan nyata nyaris disetiap tahun.

Kemubazziran tanpa sengaja atau memang sengaja selalu berulang dari rezim ke rezim sejak era Pak Harto. 

Kantor-kantor pemerintah nyaris setiap tahun ada yang dibongkar, ada yang direnovasi, tanpa alas pendapat yang terang.

Padahal, tak semua kantor yang dibongkar atau direnovasi itu tak memenuhi kelayakan. Malah bahkan masih sangat layak difungsikan sebagai kantor.  

Tentulah ini kemubazziran nyata. Sebab kantor yang dibangun ulang itu, atau yang direnovasi itu menggunakan dana tebal. Bukan dana abal-abal.

Lalu semuanya atasnama dan untuk rakyat. Lalu benarkah selama ini kantor-kantor itu dipakai untuk melayani rakyat? Jangan-jangan hanya dipakai untuk mengakali warga, menyunat bantuan untuk mereka, atau kantor itu hanya untuk menjamu orang-orang khusus dengan segala jenisnya?

Pernah disuatu waktu, seorang rekan menceritakan sebuah pengalaman suram. Ia memasuki sebuah kantor pemerintah yang entah berapa kali direnovasi.

Di dalam kantor berpendingin itu suasana hening tapi tak bening. Tak ada hiruk-pikuk yang berarti--sebab para pegawai sedang sibuk dengan gawai masing-masing. Entah untuk bermedsos ria, entah untuk game mulia. 

Di ruangan lain, ada yang sedang berbincang tentang arisan, hingga tentang kisah sinetron pilu "kumenangis" kegemaran mami-mami baper itu.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved