Breaking News:

UMP 2021

UMP 2021 Naik atau Tetap? Malam Ini Diumumkan

Melalui surat resmi, Kementerian Tenaga Kerja RI menyampaikan soal upah minimun 2021 tertuang dalam Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/X/2020

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Istimewa
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sulawesi Selatan (Disnakertrans Sulsel) Andi Darmawan Bintang 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Melalui surat resmi, Kementerian Tenaga Kerja RI memastikan kenaikan upah minimun 2021 dipastikan tidak ada, Selasa (27/10/2020).

Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker), Ida Fauziyah, memastikan tak ada kenaikan upah minimum di tahun depan, baik upah minimum provinsi ( UMP) maupun upah minimum kabupaten/kota ( UMK).

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bagaimana dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) di Sulsel?

Informasi dari internal Pemprov Sulsel, besaran UMP pada 2021 nanti akam diumumkan malam ini.

Ini sesuai dengan pesan singkat via WhatsApp Group yang dikirimkan staf ahli Gubernur Bidang Media Bunyamin Arsyad.

"Assalamu alaikum wr wb. Dusampaikan kepada teman2, Gubernur Sulsel akan mengumumkab UMP, Sabtu 31 Oktober 2020, Jam 19.00 WITA di Rumah Dinas Gubernur Jl Jendral Sudirman. Terima kasih," tulisnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sulawesi Selatan (Disnakertrans Sulsel) Andi Darmawan Bintang belum memastikan apakah Upah Minimum Provinsi (UMP) di Sulsel akan tetap atau tidak.

"Iye masih dirapatkan dalam dewan pengupahan. Insya Allah besok (hari ini) sudah ada rekomendasi dari Dewan Pengupahan," ujar Darmawan via pesan WhatsApp, Selasa (27/10/2020) lalu.

Namun apakah kenaikan UMP Sulsel juga akan mengikuti UM yang ditetapkan pemerintah pusat? Darmawan tidak ingin berspekulasi.

"Saya belum bisa menentukan, karena nanti Dewan Pengupahan yang rekomendasikan," katanya.

Rekomendasi Dewan Pengupahan telah dikeluarkan, Rabu (28/10/2020). Kemudian rekomendasi itu diberikan ke Gubernur untuk penetapan.

"Penetapan paling lambat 31 Oktober. Semoga berjalan lancar," jelas Darmawan.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved