Breaking News:

OPINI

Menapak Hari Santri Dalam Merekatkan Persatuan Bangsa

OPINI: Menapak Hari Santri Dalam Merekatkan Persatuan Bangsa oleh Dr Andi Marjuni MPd

Dok Pribadi
Dr Andi Marjuni M Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

OPINI: Menapak Hari Santri Dalam Merekatkan Persatuan Bangsa  oleh Dr Andi Marjuni M Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar & Santri Ponpes As'adiyah Sengkang Wajo

Transformasi pendidikan pesantren tidak bisa dipisahkan dengan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat secara kolektif.

Perubahan sosial yang ditimbulkan oleh revolusi politik, revolusi industri, dan urbanisasi membawa dampak besar pada ranah religi.

Semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat pada masa pandemic, membuat tanggung jawab pesantren pun semakin kompleks.

Mengingat posisinya yang tidak hanya dianggap sebagai lembaga pendidikan Islam yang khas, melainkan juga lembaga yang memiliki fungsi kontrol sosial, bahkan dipandang sebagai lembaga yang berperan dalam rekayasa social, sehingga pesantren harus betul-betul secara serius mencetak para santri yang senantiasa bertransformasi pada era milenial yang peka terhadap kehidupan sosial.

Dalam konteks hari santri 22 Oktober 2020 setidaknya ada empat peran santri yang bisa dilakukan dalam menghadapi tantangan global saat ini.

Pertama, santri harus terus berperan menjadi mercusuar ditengah masyarakat dalam menjelaskan idiologi Islam yang rahmatan lil alamiin.

Dalam menjawab tantangan global dan kontemporer, santri harus mampu menjelaskan dan menjadi pembeda.

Menanamkan pemikiran yang moderat (tawasuth) dan melawan pemikiran yang ekstrim, dan mampu menjelaskan karakter-karakter Islam yang selalu berimbang (tawazun) dan toleran (tasamuh), para santri nusantara diharapkan menjaga tradisi (al-muhafadhah alal khadimushalih) dan melakukan transformasi (al-ahdu bil-jadidil ashlah) tapi juga harus melakukan perubahan dan inovasi secara berkelanjutan
Kedua, para santri perlu mengambil berperan aktif dan berkontribusi pada perdamaian dunia.

Peran ini dibutuhkan untuk memperkuat inisiatif-inisiatif yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia yang selama ini sangat aktif dalam berkontribusi kepada upaya perdamaian dunia.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved