Breaking News:

Tribuners Memilih

201.765 DPS Pilkada Luwu Timur 2020, Ini Jumlah per Kecamatannya

"Jadi total DPS untuk Luwu Timur sebanyak 201.765. Jumlah pemilih laki-laki 103.437, sedangkan perempuan 98.328 dari 127 desa/kelurahan dan 538 TPS,

TRIBUN-TIMUR.COM/IVAN
suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan DPS pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur di Kantor KPU Jl Soekarno Hatta, Desa, Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sabtu (13/9/2020). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menetapkan total Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur 2020.

Jumlah DPD di Pilkada Luwu Timur sebanyak 201.765 orang.

"Jadi total DPS untuk Luwu Timur sebanyak 201.765. Jumlah pemilih laki-laki 103.437, sedangkan perempuan 98.328 dari 127 desa/kelurahan dan 538 TPS," kata Koordinator Divisi data dan Informasi KPU Luwu Timur, Hastuti Hasan, Minggu (13/9/2020).

Hastuti Hasan menjelaskan rapat pleno DPHP adalah hasil akhir dari pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit), yang dilaksanakan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) pada 15 Juni-13 Agustus 2020.

Adapun rekapitulasi DPHP diawali dari PPDP melaksanakan coklit data pemilih dengan mendatangi rumah warga.

Kemudian, hasil pencocokan dan penelitian tersebut di plenokan ditingkat PPS, dan secara berjenjang diplenokan lagi ditingkat Kecamatan untuk selanjutnya ditetapkan ditingkat kabupaten sebagai DPS.

Mengenai DPS yang sudah disahkan, Hastuti mengatakan tahapan DPS masih dapat berubah sesuai dengan prosedur yang diatur dalam undang-undang penyelenggaraan.

DPS yang telah disahkan akan diturunkan kembali ke tingkat desa/kelurahan untuk mendapat masukan dan tanggapan.

Kalaupun masih ada warga atau pemilih yang belum terdaftar saat pendataan PPDP, bisa mendatangi PPS tingkat desa/kelurahan untuk memasukkan namanya ke dalam daftar pemilih.

"Tidak sampai disitu, setelah ada DPS, nanti ada pula Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang akan diplenokan di tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan akan ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tingkat Kabupaten," jelas Hastuti.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved