Breaking News:

Citizen Reporter

Rancang Lampu Lux Bender, Tim Departemen Teknik Elektro Unhas Dapat Pendanaan PKM-KC Tahun 2020

Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berhasil masuk dalam tiga besar proposal yang mendapatkan pendanaan dari Ditjen Dikti.

Rancang Lampu Lux Bender, Tim Departemen Teknik Elektro Unhas Dapat Pendanaan PKM-KC Tahun 2020
PKM Elektro Unhas
Rapat Online Tim PKM Departemen Teknik Elektro Unhas.

Laporan Citizen Reporter

Baizul Zaman
Alumni S2 Teknik Elektro Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM - Di dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020 ini, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berhasil masuk dalam tiga besar proposal yang mendapatkan pendanaan dari Ditjen Dikti.

Adapun jumlah proposal yang lolos dalam PKM tahun ini sebanyak 113 proposal.

Dari 113 proposal tersebut, salah satu Tim dari Departemen Teknik Elektro berhasil mendapatkan
pendanaan untuk skim PKM-KC.

Tim ini diketuai oleh Agusman (Teknik Elektro 2017) serta dibantu oleh dua rekannya yaitu Muhammad Yusuf (Teknik Informatika 2017) dan Fadil Achsan (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota 2017).

Dibawah pendampingan dosen Dr-Eng Intan Sari Areni, tim ini mengajukan proposal dengan judul “Perancangan Lampu Lux Bender yang Dapat Menyesuaikan dengan Kebutuhan Luminasi Ruangan Menggunakan Sensor Ultrasonik Dan NODEMCU ESP8266”.

Dari apa yang dijelaskan oleh sang pendamping, bahwa tujuan dari penelitian ini untuk merancang lampu yang bisa menyesuaikan besar cahaya sesuai dengan kebutuhan ruangan dan dapat mempertimbangkan kondisi ruangan tersebut baik dari sisi warna ataupun luas ruangan.

Dengan demikian, maka hal ini bisa mengurangi penggunaan energi serta dapat memberikan rasa nyaman saat
beraktivitas di ruangan tersebut.

Pelaksanaan PKM tahun ini berbeda dari biasanya. Hal ini berdasarkan keputusan dari Ditjen Dikti, bahwa segala bentuk aktivitas PKM tahun 2020 harus dilaksanakan secara daring.

Dengan demikian maka tim-tim yang mendapatkan pendanaan dituntut untuk merubah konsep pelaksanaan PKM yang sebelumnya luring menjadi daring. Termasuk tim dari Departemen Teknik Elektro sendiri.

Dari apa yang dijelaskan oleh ketua tim-nya, menyebutkan bahwa semua aktivitas mulai dari mematangkan konsep kegiatan yang akan dilakukan serta penyusunan agenda penting lainnya terkait dengan pelaksanaan PKM ini dilakukan secara online.

Sehingga, terhitung sejak diumumkannya para pemenang pada tanggal 5 Agustus 2020 yang lalu, tim ini sudah melakukan lima kali rapat secara online. Yaitu pada tanggal 10, 11, 12, 14 dan 18.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved