Traktor Remote Control

Dekan Fakultas Pertanian Unhas Sambangi Petani Bone Pembuat Traktor Tanpa Awak

Prof Baharuddin beserta rombongannya berkunjung langsung untuk melihat hasil inovasi traktor tanpa awak

TRIBUN TIMUR/KASWADI
Traktor tanpa awak yang dikendalikan lewat remot kontrol yang dibuat Udin seorang petani di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone. 

TRIBUNBONE.COM, PONRE - Dekan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Prof Baharuddin beserta jajarannya mendatangi inovator traktor tanpa awak di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Rabu (24/6/2020)

Prof Baharuddin beserta rombongannya berkunjung langsung untuk melihat hasil inovasi traktor tanpa awak yang dibuat oleh petani di Kabupaten Bone, Udin.

Udin menuturkan inovasi yang dibuatnya ini untuk membantu para petani dalam berkerja.

"Dengan inovasi ini saya berharap petani dapat bekerja secara efektif dan efisien. Petani tidak lagi mengeluarkan tenaga yang banyak," tuturnya.

Traktor dengan remot kontrol yang dibuatnya memiliki jarak kendali hingga 500 meter. Tak hanya itu, baterai remot kontrol dapat bertahan 2x24 jam.

Udin mengaku kondisinya yang mudah lelah dalam menggarap sawah, membuatnya kepikiran membuat traktor dengan remot kontrol.

Dalam pengerjaannya, ia membutuhkan waktu 4-6 bulan dengan estimasi biaya mencapai Rp 5 juta

Udin berharap inovasinya ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah, supaya dapat dikembangkan dan disempurnakan.

Sementara Prof Baharuddin menekankan peran perguruan tinggi dalam setiap ide dan inovasi masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga, perguruan tinggi tidak sebagai menara gading, tapi lebih melihat dan merangkul petani untuk lebih berinovasi dalam menjawab permasalahan majemuk di bidang pertanian.

"Setelah melihat videonya viral, kami merasa terinspirasi dari ide yang dibuat kemudian ingin melihat langsung cara kerjanya," kata Prof Baharuddin.

Ia mengharapkan inovasi ini bisa dikembangkan dan dilindungi melalui hak paten serta memicu petani lainnya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam dunia pertanian," harapnya.

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved