Breaking News:

Bandara Lagaligo

Bandara Lagaligo Bua Luwu Ditarget Sudah Bertaraf Internasional Tahun Depan

Selain telah mendapat respon dari Menteri Perhubungan RI, juga karena di tahun ini Bandara Bua akan dibenahi dengan alokasi anggaran Rp 18 miliar.

TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Bandara Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNLUWU.COM, BUA - Bandar Udara (Bandara) Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, ditarget naik status menjadi bandara bertaraf internasional pada tahun 2021.

Target ini disampaikan Bupati Luwu Basmin Mattayang saat melakukan kunjungan di Desa Pajang, Kecamatan Latimojong, Sabtu (13/6/2020).

Basmin menyebut, peryataannya bukan tanpa alasan.

Selain telah mendapat respon dari Menteri Perhubungan RI, juga karena di tahun ini Bandara Bua akan dibenahi dengan alokasi anggaran Rp 18 miliar.

Anggaran tersebut, sebutnya, bersumber dari bantuan APBD Provinsi Sulawesi Selatan TA 2020 yang diterima langsung dari Gubernur Sulsel di Makassar dua pekan lalu.

"Meski saat ini kita sedang berada di masa pandemi Covid-19, dimana sejumlah anggaran kita ditarik oleh pemerintah pusat, kita mendapat bantuan anggaran dari Bapak Gubernur Sulawesi Selatan senilai Rp 43 miliar," beber Basmin.

"Dari jumlah anggaran tersebut, saya alokasikan Rp 18 miliar untuk perluasan dan pembenahan area Bandara Bua. Adapun pengerjaannya, sudah mulai diproses oleh satuan kerja terkait. Harus tuntas akhir tahun ini," ujar Basmin.

Menurut Bupati Luwu dua periode, keberadaan Bandara Bua sangatlah bernilai strategis bagi pemerintah daerah dan segenap warga Luwu.

Olehnya itu, prasarana dan sarananya harus digenjot dan dioptimalkan, agar dapat segera naik status menjadi bandara internasional.

"Insya Allah pengerjaan perluasan dan pembenahan area Bandara Bua, termasuk penambahan lebar, ketebalan, dan panjang runway sesuai standar sudah rampung pada akhir tahun ini," katanya.

"Kita upayakan sudah bertaraf internasional pada 2021 mendatang, itu target kita," tutup Basmin.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved