Breaking News:

KEINDONESIAAN

Soekarno, Sosiolog FISIP Universitas Hasanuddin

Fakultas Sospol (FISIP) Universitas Hasanuddin dengan memberinya gelar Doktor HC kepada Soekarno (1964).

TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
Prof Anwar Arifin AndiPate saat menghadiri Asosiasi Profesor Indonesia (API) Sulsel merayakan milad X di ruang Teater Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa (10/1/2017).tribun timur/muhammad abdiwan 

Oleh: Anwar Arifin AndiPate
Guru Besar Ilmu Komunikasi

Bulan Juni, dipopulerkan sebagai bulan Soekarno oleh para pengikutnya. Soekarno lahir 6 Juni 1901 di Surabaya. Wafat 21 Juni 1970 di Jakarta.

Bahkan Soekarno menyampaikan pidato bersejarah 1 Juni 1945 dalam Rapat BPUPK tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia Merdeka kelak.

Soekarno juga selaku Ketua Panitia Kecil berhasil menyelesaikan rumusan Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal Piagam Jakarta.

Hal itu dapat kita pahami sebagai realitas sosial-politik yang patut diingat dari generasi ke generasi.

Pada 'Bulan Soekarno' ini patut juga dikenang beliau sebagai ahli ‘sosiologi politik’ yang diakui Fakultas Sospol (FISIP) Unhas dengan memberinya gelar Doktor HC kepada Soekarno (1964).

Media Inggris Sebut Anies Lebih Cepat Respon Covid-19 Ketimbang Jokowi & Bertindak Layaknya Oposisi

Artinya Soekarno telah berusaha keras memahami realitas sosial Indonesia dengan menggunakan metode penalaran induktif.

Soekarno memahami realitas (das sein) bahwa 96% dari sekitar 72 juta jiwa penduduk Indonesia masih buta huruf, miskin, dan sakit-sakitan, sehingga perlu pemimpin yang kuat, cerdas, jujur, berwibawa, dan bijak.

Soekarno juga yakin bahwa demokrasi liberal masyarakat industri Barat yang kapitalistis tidak bisa diterapkan di Indonesia yang masih tergolong masyarakat agraris, kolektif, dan beragam yaitu terdiri atas: 1340 suku yang memakai 746 bahasa, dan mendiami 16.056 pulau.

Rakyat Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang rukun dan relegius dengan beraneka agama, yaitu: Islam (sekitar 88%), Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved