Hari Lahir Pancasila

Jelang Hari Lahir Pancasila, Kanita Kahfi: Pemuda Semestinya Bersyukur dengan Kehadiran Pancasila

Pancasila semestinya menjadi pedoman bersama dalam penyelenggaraan bernegara dan bermasyarakat.

Istimewa
Ketua KNPI Sulsel, Kanita Kahfi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pancasila semestinya menjadi pedoman bersama dalam penyelenggaraan bernegara dan bermasyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua KNPI Sulsel, Kanita Kahfi jelang Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2020.

Menurutnya, penetapan 1 Juni sebagai waktu kelahiran Pancasila memang sangat identik dengan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno.

Penetapan ini ditandai dengan pidato Soekarno yang memperkenalkan Pancasila di hadapan peserta rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

"Sempat terjadi dinamika tentang redaksi Pancasila, termasuk perdebatan tentang bentuk negara walau akhirnya secara bersama dan secara final ditetapkan Pancasila versi 18 Agustus 1945 itu menjadi seperti yang dikenal saat ini," katanya ke tribun-timur.com, Minggu (31/5/2020).

Inilah konsesus besar NKRI saat itu hingga hari ini. Pancasila harus tetapi dijaga dan dirawat bersama.

"Bahwa ada kekurangan di sana sini terkait realisasinya itulah jalan yang harus ditempuh bersama untuk menyempurnakannya namun fakta lainnya yang tidak bisa dipungkiri bahwa Pancasila telah menjadi payung besar kebhinekaan," katanya.

Menurut Kanita, semua unsur pemuda semestinya bersyukur dengan kehadiran Pancasila.

"Kita bisa berdampingan secara damai dalam keragaman. Oleh karena itu, Pancasila harus mendapatkan sentuhan-sentuhan ulang dari tangan-tangan kreatif pemuda agar dapat dirasakan langsung oleh seluruh elemen masyarakat, seperti pada sila terakhir pada Pancasila, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

"Apalagi saat ini sebagaimana yang diberitakan infiltrasi ideologi dari luar semakin kuat. Ideologi dari luar ini datang hanya sebagai pemecah belah persatuan. Tak bermaksud membangun bahkan bermaksud melemahkan kita sebagai bangsa yang berdaulat," lanjutnya.(*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur

(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved