PMI

Di Pertemuan Internasional, Jusuf Kalla Paparkan 3 'Jurus' PMI Tangani Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum Palang Merah Indonesia atau PMI, Jusuf Kalla atau JK memaparkan sejumlah langkah-langkah diambil PMI

DOK PMI
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (kemeja putih) saat mengikuti SEA National Societies Leaders Virtual Meeting on Covid-19, Rabu (29/4/2020), dari Markas Pusat PMI, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan. 

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Ketua Umum Palang Merah Indonesia atau PMI, Jusuf Kalla atau JK memaparkan sejumlah langkah-langkah diambil PMI dalam menangani pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Paparan tersebut disampaikan mantan Wapres RI 2 periode itu pada acara SEA National Societies Leaders Virtual Meeting on Covid-19, Rabu (29/4/2020).

Demikian siaran pers PMI kepada Tribun-Timur.com.

Kepada para Ketua dan Sekretaris Jenderal Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang menjadi peserta virtual meeting, JK menjelaskan dalam menangani Covid-19 PMI fokus kepada 3 hal.

Pertama, edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan mandiri Covid-19.

Kedua, mitigasi untuk mengurangi dampak dari bencana Covid-19 salah satunya melalui penyemprotan disinfektan di zona merah.

Relawan PMI 14 Jam Nonstop Semprotkan Disinfektan untuk Sterilkan Jakarta dari Corona atau Covid-19

Ketiga, dukungan sosial kesehatan berupa membagikan clean kit kepada masyarakat.

“Dalam upaya kami menangani Covid-19, kami mengambil sejumlah langkah dalam hal ini memberi edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan mandiri penularan Covid-19, kami juga melakukan mitigasi untuk mengurangi dampak bencana yaitu penyemprotan disinfektan ke daerah zona merah penyebaran Covid-19 dan pembagian paket bantuan alat kebersihan diri kepada masyarakat,” kata JK dari Markas Pusat PMI, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu hari ini.

Lebih lanjut dalam paparannya tersebut, JK juga menampilkan video dokumentasi kegiatan PMI dalam menangani Covid-19.

Video tersebut menampilkan aktivitas PMI melakukan edukasi kepada masyarakat, disinfeksi tempat-tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya, pembagian clean kit kepada masyarakat, dan kegiatan relawan melakukan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

ASEAN Leaders meeting tersebut dipantau Sekjen Federasi Palang Merah Internasional Jagan Chapagain dari kantor Federasi Palang Merah Internasional di Jenewa, Swiss.

Dihadiri  sejumlah Palang Merah dan Bulan Sabit merah dari negara-negara Asia tenggara, yaitu Bulan Sabit Merah Brunei Darussalam, Palang Merah Kamboja Palang Merah Indonesia, Palang Merah Laos, Bulan Sabit Merah Malaysia, Palang Merah Myanmar, Palang Merah Filipina, Palang Merah Singapura, Palang Merah Thailang, Palang Merah Timor Leste, dan Palang Merah Vietnam.(*)

Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved