Perspektif Syamril

Mari Berbagi di Masa Sulit

Meminjam istilah Presiden Ghana "saya tahu cara menghidupkan perekonomian, tapi saya tidak tahu cara menghidupkan orang mati yang jadi korban corona".

handover
Syamril Al Bugisyi 

Oleh: Syamril

Rektor Kalla Business School

Rata-rata setiap hari pasien positif Covid-19 bertambah lebih dari seratus orang. Per 30 Maret 2020 lalu sudah ada 1414 orang.

Melihat kondisi itu Presiden memutuskan untuk menerapkan pembatasan sosial skala besar dan penerapan Darurat Sipil agar bisa lebih tegas, disiplin dan efektif.

Penerapan kebijakan ini semoga berdampak positif untuk membatasi, mengurangi sampai menghentikan penyebaran virus corona.

Tentu saja setiap kebijakan pasti ada dampak negatifnya. Sebelum ada darurat sipil saja dampaknya sudah terasa pada bidang bisnis dan ekonomi.

Efek Pandemi Covid-19 di Negeri Beruang Merah

Dua Bocah Makassar Sumbang Celengan untuk Beli APD Tim Medis Covid-19

Omset pengusaha besar, menengah dan kecil semua turun sangat drastis. Bahkan ada yang tidak ada pemasukan karena harus tutup.

Tapi itu adalah pilihan terbaik dari yang ada.

Meminjam istilah Presiden Ghana "saya tahu cara menghidupkan perekonomian, tapi saya tidak tahu cara menghidupkan orang mati yang jadi korban corona".

Lapisan masyarakat yang langsung merasakan dampaknya adalah golongan ekonomi lemah yaitu pedagang kecil dan tenaga harian yang tidak ada penghasilan tetap.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved