Breaking News:

Luwu Lawan Corona

Antisipasi Corona, Pemkab Luwu Berlakukan Cek Suhu Tubuh Bagi Perantau Pulang Kampung

Perbatasan itu sekaligus pintu masuk ke daerah berjuluk Bumi Sawerigading dari arah Makassar.

chalik/tribunlutra.com
Bupati Luwu, Basmin Mattayang (hitam), memantau Posko Batulappa yang berada di Kecamatan Larompong Selatan, Minggu (5/4/2020). 

TRIBUNLUWU.COM, LAROMPONG SELATAN - Bupati Luwu, Basmin Mattayang, memantau Posko Batulappa di Kecamatan Larompong Selatan, Minggu (5/4/2020).

Posko penanganan Covid-19 ini berada tepat di perbatasan Kabupaten Luwu dengan Kabupaten Wajo.

Perbatasan itu sekaligus pintu masuk ke daerah berjuluk Bumi Sawerigading dari arah Makassar.

Basmin sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Luwu mengatakan, kedatagannya untuk memantau pelaksanaan pengawasan dan pendataan terhadap orang yang masuk ke wilayah Luwu.

"Salah satu upaya Tim Gugus Tugas untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19, adalah dengan memperketat pengawasan dan pendataan terhadap orang yang masuk ke wilayah Luwu, melalui pintu-pintu perbatasan," ujar Basmin.

Saat kunjungan, Basmin menyaksikan personil gabungan mengarahkan kendaraan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap penumpangnya.

Personel terdiri dari BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan unsur TNI-Polri.

"Mereka melakukan assesment atau pendataan kepada para penumpang untuk mengetahui riwayat perjalanan, termasuk kemana tujuannya dan dari daerah mana saja mereka berasal atau daerah yang telah mereka kunjungi," ujar Basmin.

Jika mereka adalah warga Luwu dan ingin menetap, maka akan dilakukan pendataan dan pengecekan suhu tubuh.

Kemudian, apabila berasal dari daerah yang ditetapkan sebagai daerah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, maka akan diberi edukasi untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing.

"Mari kita bekerjasama mematuhi surat edaran pemerintah dengan berupaya menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan diri sendiri, jaga jarak dan hindari keramaian," pesannya.

Ia berharap kondisi ini cepat berlalu dan tidak satupun warga di Luwu terjangkit virus ini.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved