Update Corona Palopo

Dosen KJP Palopo Ungkap Penyemprotan Disinfektan di Jalan Tidak Efektif

Mobil Damkar dan water canon milik Polri yang sering menyiram jalanan dengan cairan desinfektan, dianggap tidak tepat sasaran.

Dok. Pribadi
Dosen Program Studi S1 Keperawatan Stikes Kurnia Jaya Persada (KJP) Palopo, Lestari Lorna Lolo. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA -Dosen Program Studi S1 Keperawatan Stikes Kurnia Jaya Persada (KJP) Palopo, Lestari Lorna Lolo menilai penyemprotan disinfektan dijalan tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.

Mobil Damkar dan water canon milik Polri yang sering menyiram jalanan dengan cairan desinfektan, dianggap tidak tepat sasaran.

“Kurang efektif kalau di jalanan. Sebab virus corona itu masuknya lewat saluran napas, juga penyemprotan mobil dan motor,” tandasnya, Kamis (2/4/2020).

Ia mengatakan, harusnya menyemprotkan di bagian dalam mobil. Sebab itu dapat membunuh mikroorganisme yang melengket di kursi mobil dan mobil.

“Kalau di luar mobil, tidak efektif. Karena yang dalam mobil tidak mati, justru di luar mobil itu mikroorganisme tidak tahan hidup, karena terpapar sinar matahari,” jelasnya.

Bidang Keperawatan Medikal Bedah Kampus Stikes KJP Palopo ini juga menguraikan, hal yang akan terjadi ketika cairan tersebut mengenai tubuh.

Tim Gugus Tugas Kabupaten Bulukumba melakukan penyemprotan disinfektan secara besar-besaran di beberapa ruas jalan di kota Bulukumba, Selasa (31/3/2020).
Tim Gugus Tugas Kabupaten Bulukumba melakukan penyemprotan disinfektan secara besar-besaran di beberapa ruas jalan di kota Bulukumba, Selasa (31/3/2020). (Ist)

“Menyemprotkan cairan desinfektan ke tubuh dapat menyebabkan iritasi pada kulit, iritasi pernapasan, menimbulkan bau tidak sedap, kerusakan kulit untuk penggunaan jangka panjang, dan menyebabkan trauma pada mata jika cairan tersebut masuk kedalam mata,” urainya.

Lestari juga menekankan mencegah paparan virus Covid-19 cukup dengan hanya menjaga jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun serta mengkonsumsi makanan sehat.

“Menghindari paparan virus covid-19 cukup dilakukan dengan menjaga jaga jarak (physical distancing), hindari berkumpul (sosial distancing), cuci tangan dengan air dan sabun menggunakan 7 langkah mencuci tangan, gunakan masker bagi yang sakit, gunakan etika batuk bagi yang batuk dan komsumsi makanan sehat serta olah raga dapat membantu mencegah paparan Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan beberapa pekan ini Pemkot Palopo maupun Polres Palopo intens melakukan pencegahan virus Corona.

Salah satu nya dengan penyemprotan disinfektan dijalanan.

Laporan Wartawan TribunPalopo.Com, @hamdansoeharto_

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved