Update Corona Bulukumba

Hand Sanitizer Buatan STIKES Panrita Husada Bulukumba Dibagikan Gratis ke Puskesmas

STIKES Panrita Husada Bulukumba mendistribusikan hand sanitizer hasil olahannya, secara gratis ke seluruh Puskesma

Dok STIKES Panrita Husada Bulukumba
STIKES Panrita Husada Bulukumba mendistribusikan hand sanitizer hasil olahannya, secara gratis ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Bulukumba 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Panrita Husada Bulukumba, mendistribusikan hand sanitizer hasil olahannya, secara gratis ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pendistribusian perdana hand sanitizer tersebut, dilaksanakan Sabtu (29/3/2020) kemarin.

Hand Sanitizer tersebut adalah racikan dari dosen dan mahasiswa Program Analis Kesehatan, yang dibuat di Laboratorium Analis Kampus STIKES Panrita Husada Bulukumba, di Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang.

Ketua STIKES Panrita Husada Bulukumba, Dr Muriyati, mengatakan, sejak covid 19 alias virus corona mewabah di Indonesia, pihaknya telah memproduksi hand sanitizer sekitar 100 liter.

“Ini hand sanitizer kita bagi secara gratis ke masyarakat, OPD, para petugas di lapangan, serta Puskesmas,” ujarnya Muriyati.

Produksi hand sanitizer berbahan alami tersebut, lanjut Muriyati, adalah salah satu implementasi dari Tri Dharma perguruan tinggi.

Yakni pengabdian kepada masyarakat di tengah bencana wabah virus corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Untuk produksi secara berkelanjutan, pihaknya kata Muriyati terkendala stok bahan baku, seperti daun sirih, buah dan daun jeruk purut atau jeruk nipis.

Selama ini, bahan-bahan tersebut dibawa sendiri oleh para mahasiswanya.

“Untuk mengatasi keterbatasan bahan bakunya, kami mengajak siapa saja untuk membantu menyediakan bahan bakunya. Nanti kami yang produksi dan distribusi,” tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved