Nasabah Terdampak Virus Corona

BRI, BCA dan Panin akan Beri Kelonggaran Kredit Nasabah Terdampak Virus Corona

Aturan perbankan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 11/POJK.3/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical D

Dok. Tribun Timur
Suasana pelayanan di Bank BCA Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan relaksasi kredit masyarakat terdampak virus corona.

Aturan perbankan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 11/POJK.3/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Menindaklanjuti aturan tersebut, Pemimpin Wilayah BRI Makassar, Presley Hutabarat menyampaikan, BRI telah menawarkan keringanan (restrukturisasi) kepada nasabah debitur dalam bentuk penundaan pembayaran kewajiban.

"Keringanan tersebut disediakan dalam beberapa bentuk disesuaikan dengan kondisi debitur atau usaha debitur sehingga lebih memudahkan dan tidak memberatkan nasabah debitur," katanya yang dikutip melalui surat tertulisnya.

Ia menambahkan, untuk keterangan lebih lanjut, debitur dapat menghubungi petugas pemasaran ataupun Mantri dan Kepala Unit serta RM/AO di Kantor BRI terdekat.

Regional Manager KTI Bank Panin, Andi Hudli Huduri mengatakan, untuk sementara secara resmi masih menunggu surat edaran resmi dari kantor pusat.

Suasana pelayanan di Bank BCA Makassar
Suasana pelayanan di Bank BCA Makassar (Dok. Tribun Timur)

"Insya Allah, akan ada solusi yang terbaik untuk debitur," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil IV BCA Hendrik Sia menambahkan, arahan pemerintah akan ditindak lanjuti.

"Arahan pemerintah ada aturan menyangkut kriteria dan sektor yang terkena dampak cotona harus dibuat oleh perbankan. Untuk itu restrukturisasi dilakukan sesuai dampak yang dirasakan nasabah jadi secara case by case per debitur," pungkasnya. 

BCA Sudah Data Debitur Terdampak Covid-19

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved