Pilwali Makassar 2020

Mau Pakai PDIP di Pilwali Makassar? Wajib Gandeng Satu dari Dua Orang Ini

Karena itu kata anggota DPR RI dua periode tersebut, calon Wali Kota Makassar yang ingin mengendarai partai besutan Megawati Soekarnoputri

abdul asiz/tribun timur
Ketua DPD PDIP Sulsel Ridwan Andi Wittiri (dua dari kanan) didampingi sejumlah pengurus partai besutan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers di Hotel Grand Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu (11/3/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua DPD PDIP Sulsel, Ridwan Andi Wittiri, menegaskan mendukung Andi Muh Yagkin Padjalangi dan Taufiqqulhidayat Ande Abd Latif atau dokter Onasis maju bertarung di Pilwali Makassar 2020.

Karena itu kata anggota DPR RI dua periode tersebut, calon Wali Kota Makassar yang ingin mengendarai partai besutan Megawati Soekarnoputri di Makassar harus menggandeng antara Onasis atau Yagkin.

"Contoh di Pilwali Makassar yah, kalau toh sekarang Pak Danny Pomanto kita lihat sudah dapat surat tugas dari partai lain dan partai lain itu mengusulkan nama wakil, maka kami juga akan mengusulkan kepada calon kepala daerah di Makassar agar kalau mau mendapatkan rekomendasi dari PDIP wajib mengambil kader kami," ungkap Ridwan.

Namun kapan rekomendasi PDIP keluar di Pilwali Makassar? Ridwan meminta kepada seluruh cakada yang mendaftar di partai itu untuk bersabar. Karena sampai hari ini, provinsi lainpun belum ada yang diputuskan kecuali tahap pertama kemarin.

"Kalau ada calon kepala daerah yang akan mendapatkan rekomendasi pasti dipanggil ke DPP bersama pengurus DPD ke Jakarta untuk menandatangani pakta integritas," jelasnya.

Ridwan menjelaskan, penandatanganan pakta integritas itu mencakup kewajiban-kewajiban calon kepala daerah terkait saksi di Pilkada serentak 2020.

"Ada namanya (dana) gotong royong, tidak ada itu mahar politik, tetapi itu saksi karena saksi itu sangat penting," tegasnya.

Sebelumnya, Nasdem telah memberi surat tugas kepada Danny Pomanto untuk maju bertarung di Pilwali Makassar 2020. Namun sebelum diberikan, Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Selatan Rusdi Masse Mappasessu dan Sekretaris DPW Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif memposting foto dua bakal calon Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo dan Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto sedang salam komando.

RMS akronim nama Rusdi Masse Mappasessu mengunggah foto Danny bersama None sapaan Irman Yasin Limpo melalui akun Instagram @rusdimasse begitu juga dengan Syahar mempostingnya di akun Instagram miliknya, @syaharuddin.alrif. Termasuk simulasi DP-Cicu, DP-Thita.

RMS menulis caption foto, "Insya Allah DP None". Sementara Syahar menulis "Semoga ini bisa bersatu di Pilkada Makassar. Insya Allah DP-None".

Terkait postingan tersebut, Syahar yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel menyatakan, ada tiga alasan utama partai bentukan Surya Paloh mendorong pasangan tersebut.

"Pasangan ini (DP-None) bisa menangkan Pilwali, kedua visioner, dan ketiga kemampuan leadership-nya bisa
membawa Makassar menuju masa depan yang lebih baik," kata Syahar kepada Tribun, Minggu (23/2/2020).

Diketahui, untuk mengusung pasangan calon wali kota-wakil wali kota Makassar di Pilwali 2020, Partai Nasdem butuh tambahan empat kursi lagi sebagai syarat mendaftar di KPU Makassar.

Pada Pileg 2019, Nasdem keluar sebagai pemenang Pemilu serentak di Makassar setelah mengontrol enam kursi DPRD kota.

Terakhir, Golkar yang memberikan surat tugas ke Danny Pomanto juga memaketkan Danny Pomanto dengan Andi Zunnun Halid.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved