PKPM Luwu Timur

Usai Terima Bibit Porang, Anggota Poktan Berpisah Diminta Kompak Bekerja

Bibit itu diserahkan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Mandiri Utama (KAMU) Selain Poktan Berpisah, bibit yang sama juga diberikan kepada Kelompok

Usai Terima Bibit Porang, Anggota Poktan Berpisah Diminta Kompak Bekerja
Poktan Berpisah
Anggota Poktan Berpisah berfoto bersama Ketua RT 04 Dusun Matano, dan manajemen KSU Agro Mandiri Utama, pada acara penyerahan bantuan bibit Porang di Sekretariat Poktan Berpisah, Dusun Matano, Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sabtu (7/3/2020) 

DALAM upaya meningkatkan kesejahteraan hidup petani di Dusun Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Berpisah menerima bantuan bibit Porang di sekretariat poktan tersebut, Sabtu (7/3/2020). 

Bibit itu diserahkan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Mandiri Utama (KAMU) Selain Poktan Berpisah, bibit yang sama juga diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Berpisah, total sebanyak 60 kg untuk Lahan Demplot (Demonstrasi Pilot). 

Pada kesempatan tersebut dihadiri pengurus KAMU dan pegusaha, Kamarullah, yang siap menampung hasil panen Porang dari petani setempat. 

Ketua Poktan Berpisah, Saiful, menegaskan bahwa mengacu kepada slogan “Bersih Pikiran dan Sadar Hukum (Berpisah)” maka anggota poktan diharapkan kompak dan bekerjasama dengan baik. 

Poktan Berpisah di Dusun Matano Budidayakan Porang

Poktan Berpisah dibentuk pada 24 Februari 2020 di Kampung Matano, Lorong 1, Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. 

Poktan ini memfokuskan diri pada perkebunan khususnya budidaya umbi-umbian seperti Porang yang bernilai ekonomis dan ekspor. 

Desa Matano di Luwu Timur adalah satu desa yang masuk dalam wilayah Program Pengembangan Kawasan Perdesan Mandiri (PKPM) yaitu program dari PT Vale Indonesia yang dikerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan masyarakat setempat. 

Desa Matano masuk dalam Kawasan Bidang Pengembangan Peternakan dan Pengolahan Hasil Hutan Non Kayu Program PKPM di wilayah Kecamatan Nuha. 

Selain Desa Matano, terdapat Desa Kawata dan Desa Parumpanai di Kecamatan Nuha yang masuk dalam area Propram PKPM di kawasan tersebut. 

PKPM adalah bagian dari program sosial PT Vale Indonesia di bidang pengembangan perdesaan yang melibatkan kerja sama Pemkab dan masyarakat perdesaan di Luwu Timur.(*)

Citizen report

A Saiful S
A Saiful S (dok pribadi)

A Saiful S

Tim PKPM Wasuponda

Meaporkan dari Dusun Matano, Desa Matano

Kecamatan Nuha, Luwu Timur

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved