PKPM Luwu Timur

Poktan Berpisah di Dusun Matano Budidayakan Porang

Petani anggota Poktan Berpisah yang berjumlah 25 orang akan diberi lahan budidaya porang seluas 30 hektare (Ha) dimana setiap petani porang diberi are

Poktan Berpisah di Dusun Matano Budidayakan Porang
dph.madiunkab.go.id
tanaman porang 

PADA tanggal 24 Februari 2020 bertempat di Kampung Matano, Lorong 1, Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, dibentuk kelompok tani (Poktan) perkebunan dengan nama yang agak unik yaitu ‘Berpisah’. 

Kata ‘Berpisah’ yang menjadi nama poktan d Kampung Matano ini ternyata sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan yaitu Bersih Pikiran Sadar Hukum (Berpisah). 

Pembentukan Poktan Berpisah berdasarkan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 Pasal 28 yang menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak untuk mencari kehidupan yang lebih sejahtera. 

PKPM Vale Lutim Mulai Pembangunan BCC, Wabup Irwan Syam Lakukan Peletakan Batu Pertama

Poktan Berpisah dinakhodai oleh Saiful sebagai Ketua dan Majemu sebagai Sekretaris. Poktan Berpisah bergerak pada pengembangan budidaya Porang. 

Porang yaitu umbi-umbian yang bernilai ekonomi dan dapat diekspor. Harga keringnya (cips) bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram (Kg). 

Pembibitan porang untuk Poktan Berpiasah difasilitasi oleh Koperasi Global Utama yang juga siap membeli hasil panen porang tersebut. 

Dalam bubidaya porang, petani dapat memiliki keuntungan berlipat yaitu selain umbinya yang bernilai ekonomis, bibitnya pun yang disebut buah kataknya bernilai seharga Rp 150 ribu per Kg di pasaran. 

Petani anggota Poktan Berpisah yang berjumlah 25 orang akan diberi lahan budidaya porang seluas 30 hektare (Ha) dimana setiap petani porang diberi area seluas 1 hingga 2 Ha untuk budidaya porang. 

Sehektar lahan bisa ditanami minimal 5000 bibit. Dalam sembilan 9 bulan, satu pohon porang dapat menghasilkan umbi seberat 5 Kg yang berharga sekitar Rp 4.000 – Rp 5.000 per kolonya. 

“Diharapkan petani yang bergabung dalam budidaya porang harus memiliki optimisme yang tinggi dalam meraih kehidupan yang lebih sejahtera,” kata Saiful. 

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved